Pengembangan permainan sirkuit bakiak untuk pembelajaran fisik motorik kasar anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 7 Malang / Lilik Maslahah Muslimin

Main Author: Muslimin, Lilik Maslahah
Other Authors: 1. Heru Widijoto ; 2. Retno Tri Wulandari
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi PAUD , 2012
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=57312
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMuslimin, Lilik Maslahah, 2012. Pengembangan Permainan Sirkuit Bakiak Untuk Pembelajaran Fisik Motorik Kasar Anak Kelompok B di TKAisyiyah Bustanul Athfal 7 Malang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Drs. Heru Widijoto, M. S (2) Retno Tri Wulandari, S. Pd, M. PdKata Kunci: Pengembangan, Permainan, Sirkuit Bakiak, Fisik Motorik KasarPermainan bakiak merupakan permainan tradisional yang dilakukan menggunakan bakiak dan diharapkan dapat mengembangkan fisik motorik anak, mudah untuk dilakukan, menyenangkan serta tidak membahayakan bagi anak. Guru di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 7 Malang belum pernah menerapkan permainan sirkuit bakiak.Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengembangkan permainan sirkuit bakiak yang diharapkan dapat menyenangkan, mudah, dan aman dilakukan serta sebagai salah satu alternatif pembelajaran fisik motorik kasar anak taman kanak-kanak yang dilaksanakan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 7 Malang.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan permainan sirkuit bakiak menggunakan 7 langkah pengembangan. Data penelitian yang digunakan diperoleh dari evaluasi ahli, uji kelompok kecil, dan uji kelompok besar. Subjek penelitian yakni anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 7 Malang yang berjumlah 30 anak. Jenis data yang digunakan yakni data kuantitatif sedangkan instrument yang digunakan berupa pedoman observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan deskriptif berupa persentase.Hasil evaluasi dari dua ahli pembelajaran dan satu ahli fisik motorik menunjukkan bahwa permainan sirkuit bakiak bisa digunakan sebagai salah satu pembelajaran fisik motorik kasar untuk anak TK. Uji coba kelompok kecil dan uji kelompok besar anak dapat mengembangkan fisik motorik kasar yang meliputi 4 komponen kebugaran dan 1 komponen ketrampilan: kelentukan, kelincahan, keseimbangan, kekuatan dan ketepatan.Berdasarkan data hasil pengembangan permainan sirkuit bakiak, dapat disimpulkan permainan tersebut mudah untuk dilakukan, menyenangkan dan tidak membahayakan anak. Permainan sirkuit bakiak ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif pembelajran fisik motorik kasar anak kelompok B. Hasil pengembangan ini dapat diuji kepada kelompok yang lebih luas dan dapat disosialisasikan kepada sekolah- sekolah dan lembaga pendidikan yang terkait sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya. Selain hal tersebut karena penelitian ini hanya terbatas pada pengembangan produk, diharapkan ada penelitian selanjutnya untuk menguji tingkat keefektifan dari produk yang dikembangkan.