Validitas isi dan ketetapan konstruksi butir tes soal ujian nasional bahasa Indonesia SMA/MA tahun pelajaran 2011/2012 / Masyrifatul Khairiyyah

Main Author: Khairiyyah, Masyrifatul
Other Authors: 1. Heri Suwignyo ; 2. Imam Agus Basuki
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah , 2012
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=56263
Daftar Isi:
  • Kata Kunci : Validitas, Konstruksi Penyusunan Soal, UN Bahasa Indonesia, SMA.Ujian Nasional (UN) merupakan bagian dari bentuk evaluasi yang digunakan oleh pemerintah sebagai salah satu tolok ukur untuk mengetahui mutu pendidikan di Indonesia. Dengan terselenggaranya UN diharapkan dapat mempermudah pengembangan pendidikan. Keberhasilan suatu lembaga pendidikan di seluruh Indonesia akan tercermin melalui hasil UN yang didapatkan oleh peserta didik yang dibina.Sebelum mengomentari dan mewacanakan tentang pelaksaan UN, seharusnya yang ditinjau lebih dulu adalah instrumen UN tersebut yaitu butir soal yang diujikan. Apakah soal yang diberikan kepada peserta UN sudah sesuai dengan kurikulum ataukah justru masih ada yang tidak sesuai. Sejauh ini, baik dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) maupun dari Badan Standar Nasional Pendidikan) BSNP sepengetahuan peneliti belum ada satu pun yang secara kongkret mempublikasikan hasil penelitian yang khusus membahas tentang isi dan konstruksi soal ujian nasional. Oleh karena itu, perlu adanya suatu penelitian yang dilakukan untuk membahas tentang soal ujian nasional tersebut. Khususnya pada pelajaran bahasa Indonesia yang selama ini dianggap sebagai sandungan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) validitas isi soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA/MA Tahun Pelajaran 2011/2012, dan (2) ketepatan konstruksi butir tes pada soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA/MA Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh naskah soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA/MA Tahun Pelajaran 2011/2012. Sampel penelitian ini adalah soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA/MA Tahun Pelajaran 2011/2012 program Studi IPA Paket E59. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi.Hasil analisis validitas isi soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia dalam penelitian ini dirinci menjadi tiga aspek. Pertama, proporsi antara kurikulum dengan kisi-kisi soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA/MA Tahun Pelajaran 2011/2012. Rekapitulasi perbandingan proporsi antara kurikulum dengan kisi-kisi soal pada keterampilan membaca menunjukkan 6 materi sesuai antara kurikulum dengan kisi-kisi, yaitu paragraf, puisi, membaca memindai, sastra melayu klasik, prosa, dan fakta dan opini. Proporsi antara kurikulum dengan kisi-kisi soal pada keterampilan membaca menunjukkan 4 materi tidak sesuai antara kurikulum dengan kisi-kisi, yaitu berita, biografi, pidato, dan drama. Rekapitulasi perbandingan proporsi antara kurikulum dengan kisi-kisi soal pada keterampilan menulis menunjukkan 9 materi sesuai antara kurikulum dengan kisi-kisi, yaitu paragraf, puisi, ejaan, pidato,iiisurat resmi, karya ilmiah, resensi, drama, dan esai. Proporsi antara kurikulum dengan kisi-kisi soal pada keterampilan menulis menunjukkan 3 materi tidak sesuai antara kurikulum dengan kisi-kisi, yaitu cerpen, proposal, dan notulen. Kedua, proporsi antara kurikulum dengan soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA/MA Tahun Pelajaran 2011/2012. Rekapitulasi perbandingan proporsi antara kurikulum dengan butir soal pada keterampilan membaca menunjukkan 7 materi sesuai antara kurikulum dan butir soal, yaitu paragraf, puisi, membaca memindai, sastra melayu kalasik, prosa, fakta dan opini, dan biografi. Proporsi antara kurikulum dengan butir soal pada keterampilan membaca menunjukkan 3 materi tidak sesuai antara kurikulum dan butir soal, yaitu berita, pidato, dan kata baku dan kata tidak baku. Proporsi antara kurikulum dengan butir soal pada keterampilan menulis menunjukkan 8 materi sesuai antara kurikulum dan butir soal, yaitu puisi, ejaan, pidato, cerpen, surat resmi, karya ilmiah, drama, dan esai. Proporsi antara kurikulum dengan butir soal pada keterampilan menulis menunjukkan 5 materi tidak sesuai antara kurikulum dan butir soal, yaitu paragraf, proposal, resensi, notulen, dan kata baku dan tidak baku. Ketiga, kesesuaian antara kurikulum dengan soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA/MA Tahun Pelajaran 2011/2012. Kesesuaian antara kurikulum dengan butir soal pada keterampilan membaca terdapat 41% soal dengan tingkat kesesuaian tinggi, 32% soal dengan tingkat kesesuaian sedang dan 27% soal dengan tingkah kesesuaian rendah. Kesesuaian antara kurikulum dengan butir soal pada keterampilan menulis terdapat 29% soal dengan tingkat kesesuaian tinggi, 46% soal dengan tingkat kesesuaian sedang dan 25% soal dengan tingkah kesesuaian rendah.Berdasarkan hasil analisis ketepatan konstruksi butir tes pada soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA/MA Tahun Pelajaran 2011/2012 menunjukkan kesesuaian soal dengan konstruksi penyusunan soal mencapai 93,5 persen, sedangkan ketidaksesuaian soal dengan konstruksi mencapai 6,5 persen. Dengan demikian, soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA/MA Tahun Pelajaran 2011/2012 dikategorikan tinggi ditinjau dari konstruksi penyusunan butir tesnya.