Pengembangan perangkat pembelajaran materi analisis air dan mineral berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa kelas XI kompetensi keahlian kimia analisis SMK Negeri 2 Batu / M. Dicky Erya
Main Author: | Erya, M. Dicky |
---|---|
Other Authors: | 1. Oktavia Sulistiana ; 2. Neena Zakia |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Kimia
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=56000 |
Daftar Isi:
- Kata kunci : perangkat pembelajaran, analisis air dan mineral, inkuiriterbimbing, SMK Negeri 2 Batu.SMK Negeri 2 Batu Kompetensi Keahlian Kimia Analisis mempunyaibeberapa kompetensi yang harus dicapai. Salah satu kompetensinya adalahmelakukan analisis air dan mineral. Berdasarkan hasil interview dengan gurukimia di SMK Negeri 2 Batu diperoleh informasi bahwa proses pembelajarankimia pada materi analisis air dan mineral masih kekurangan bahan ajar. Bahanajar yang digunakan oleh guru diambil dari buku-buku perkuliahan dan browsinginternet serta belum tersusun sesuai dengan rambu-rambu yang telah ditetapkanKTSP SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menyusunperangkat pembelajaran materi analisis air dan mineral yang disesuaikan dengankarakteristik dan kebutuhan siswa.Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Dick& Carey yang terdiri dari 10 langkah. Tahap pengembangan hanya dilakukanhingga tahap ke-9 karena keterbatasan waktu. Oleh karena itu validasi dilakukanhanya sampai pada validasi isi sedangkan validasi empiris tidak dilakukan.Validasi isi perangkat pembelajaran dilakukan oleh 1 dosen kimia, 2 guru kimiaSMK dan kelompok kecil (10 siswa). Instrumen pengumpulan data yangdigunakan adalah angket dengan skala Linkert. Data yang diperoleh berupa datakuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa skor penilaian dari angket,sedangkan data kualitatif diperoleh dari komentar, saran dan kritik dari validator.Kedua data tersebut merupakan dasar melakukan revisi pada produkpengembangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik perhitunganrata-rata dan deskriptif.Produk yang dihasilkan berupa perangkat pembelajaran materi analisis airdan mineral berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa kelas XI KompetensiKeahlian Kimia Analisis SMK Negeri 2 Batu. Perangkat pembelajaran terdiri dari3 bagian, yaitu: (1) pendahuluan, (2) isi, dan (3) penutup. Bagian pendahuluanyaitu: (a) halaman sampul/cover, (b) kata pengantar, (c) daftar isi, (d) daftar tabel,(e) daftar gambar, (f) petunjuk penggunaan perangkat pembelajaran, dan (g)cakupan kompetensi. Bagian isi yaitu : (a) silabus, (b) RPP,(c) bahan ajar. Bagianpenutup yaitu: (a) rangkuman, (b) soal uji kompetensi, (c) kunci jawaban soal ujikompetensi, (d) glosarium, dan (e) daftar pustaka. Hasil validasi isi silabus olehvalidator dosen dan guru sebesar 3,57 dan 3,93; RPP sebesar 3,57 dan 3,99; danbahan ajar sebesar 3,14 dan 3,89. Hasil uji coba terbatas oleh siswa sebesar 3,14.Hasil validasi tersebut menunjukkan bahwa uji empiris di lapangan layakdilakukan pada perangkat pembelajaran materi analisis air dan mineral.