Pengaruh penggunaan metode membaca cepat (speed reading) terhadap kemampuan memahami isi teks bacaan kelas V di SDN Bareng 01 Kecamatan Klojen Kota Malang / Reny Citra Dwi Budiarti

Main Author: Budiarti, Reny Citra Dwi
Other Authors: 1. Ahmad Badawi ; 2. Sjafruddin AR.
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi PGSD , 2012
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=55894
Daftar Isi:
  • Kata kunci: Membaca cepat, Memahami isi teks bacaan, Sekolah Dasar.Membaca memilki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya memperluas pengetahuan siswa. Pembelajaran membaca di SD merupakan dasar atau landasan untuk tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Pada semua jenjang pendidikan, kemampuan membaca menjadi skala prioritas yang harus dikuasai siswa. Oleh karena itu, membaca merupakan jendela dunia, siapa pun yang membuka jendela tersebut dapat melihat dan mengetahui segala sesuatu yang terjadi. Baik peristiwa yang terjadi pada masa lampau, sekarang, bahkan yang akan datang.Tujuan penelitian ini adalah (1) Penerapan metode membaca cepat siswa kelas V di SDN Bareng 1 Kecamatan Klojen Kota Malang. (2) Pengaruh penggunaan metode membaca cepat (speed reading) terhadap kemampuan memahami isi teks bacaan siswa kelas V di SDN Bareng 1 Kecamatan Klojen Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode rancangan penelitian korelasi tata jenjang. Populasi penelitian sebanyak 30 siswa di kelas V SDN Bareng 1. Sampel penelitian ini sebanyak 30 siswa diambil dari semua populasi. Data dalam penelitian ini diambil dengan memberikan tes. Reliabilitas skala pemahaman isi bacaan 0,654. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif dan korelasi produt moment menggunakan bantuan program SPSS 17 for windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pertemuan pertama jumlah siswa yang membaca dengan cepat 10 siswa (33,33%), kemudian pertemuan kedua siswa yang membaca cepat sekali meningkat menjadi 13 siswa (43,33%) dan di pertemuan ketiga siswa yang membaca sangat cepat meningkat menjadi 16 siswa (53,33%). Dengan tingkat kecepatan membaca seluruh siswa dikelas V SDN Bareng 1 dengan skor sangat cepat 16 siswa (53,33%), cepat 7 siswa (23,33%), kurang cepat 3 siswa (10%) dan lamban 4 siswa (13,33%) dan tingkat pemahaman siswa dikelas V SDN Bareng 1 dengan skor sangat baik 18 siswa (60%), baik 9 siswa (30 %) dan kurang 3 siswa (10%).Kesimpulan peneliti yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecepatan membaca dan kemampuan pemahaman isi bacaan pada siswa kelas V SDN Bareng 1 sebesar r xy hitung= 0, 755 dan r xy tabel= 0,361 (Ho ditolak), yang berarti ada pengaruh antara kecepatan membaca dengan kemampuan pemahaman isi bacaan pada siswa kelas V SDN Bareng 1 Kota Malang. Saran yang dapat diajukan sebagai berikut: pertama, Perlu diajarkan berbagai tehnik membaca untuk meningkatkan kecepatan membaca siswa sehingga pemahaman isi bacaan siswa ikut meningkat. Kedua, Bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini dapat dijadikan sebuah referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya.