Pengaruh kondisi ekonomi orang tua, pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan apresiasi orang tua terhadap hasil belajar ekonomi siswa (studi kasus pada siswa kelas XI Ilmu Sosial SMAN 02 Batu semester 3 tahun ajaran 2010/2011) / Sonya Ayu Anggraini

Main Author: Anggraini, Sonya Ayu
Other Authors: 1. H. Sapir ; 2. Prih Hardianto
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Ekonomi , 2012
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=55510
Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Kondisi Ekonomi Orang Tua, Pendidikan Ekonomi di LingkunganKeluarga, Apresiasi Orang Tua, Hasil Belajar Siswa.Suatu bangsa dikatakan maju apabila bangsa tersebut mepunyai SDMyang handal dan berkualitas. Untuk mencetak SDM yang berkualitas diperlukanpendidikan. Dalam proses pembelajaran, hasil belajar seorang siswa dalammenguasai mata pelajaran di sekolah tidak lepas dari faktor internal maupunfaktor eksternal yang mempengaruhinya. Beberapa faktor eksternal yangmempengaruhinya yaitu kondisi ekonomi orang tua, pendidikan ekonomi dilingkungan keluarga, dan apresiasi orang tua. Dengan kondisi ekonomi yangtinggi dapat membantu meningkatkan semangat belajar siswa karena orang tuamereka mampu menyediakan kebutuhan sarana dan prasarana yang mereka.Keluarga juga merupakan suatu lembaga informal yang menjadi saranaterwujudnya tujuan tersebut. Di dalam keluarga inilah siswa memperolehpengetahuan dengan belajar berbagai macam hal, khususnya pendidikan ekonomi.Apresiasi orang tua terhadap keberhasilan anak dapat diwujudkan dalam bentukpemberian perhatian, sarana dan prasarana, suasana belajar, media dan sumberbelajar serta keteladanan orang tua.Variabel dalam penelitian ini adalah kondisi ekonomi orang tua,pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga, dan apresiasi orang tua sebagaivariabel independen serta hasil belajar sebagai variabel dependen. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yangsignifikan antara variabel kondisi ekonomi orang tua, pendidikan ekonomi dilingkungan keluarga, dan apresiasi orang tua terhadap hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatori. Populasi yangdigunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IS SMAN 02 Batuyang berjumlah 110 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 52 siswa dengan teknikproportional random sampling yang diperoleh dengan rumus Slovin. Teknikpengumpulan data adalah melalui angket dan dokumentasi. Adapun teknikanalisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuanprogram SPSS 17.00 for Windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi ekonomi orang tua,pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga, dan apresiasi orang tua mempunyaipengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap hasil belajar siswa kelasXI IS SMAN 02 Batu. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kondisi ekonomiorang tua, pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga, dan apresiasi orang tuaberpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 60,9%.