Keefektifan teknik problem solving untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah pribadi sosial siswa SMP laboratorium Universitas Negeri Malang / Rinda Eka Mumpuni

Main Author: Mumpuni, Rinda Eka
Other Authors: 1. Ella Faridzati Zen ; 2. Andi Mappiare
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Bimbingan dan Konseling , 2012
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=55167
Daftar Isi:
  • Kata Kunci: teknik problem solving, keterampilan memecahkan masalah, bimbingan pribadi sosialSalah satu ciri masa remaja adalah waktu dimana kesempatan dan berbagai resiko datang. Resiko yang dimaksud adalah berbagai masalah yang seringkali dialami remaja. Masalah tersebut adalah permasalahan fisik, psikis dan sosial. Tidak semua remaja bisa mengatasi masalah yang dialami tersebut dengan efektif. Salah satu metode pemecahan masalah adalah teknik problem solving. Efektifkah teknik problem solving dalam meningkatkan keterampilan memecahkan masalah pribadi sosial siswa?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefetifan teknik problem solving untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah pribadi sosial siswa SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang.Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental, dengan desain eksperimen One Group Pretest-Posttest. Proses penelitian terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama yaitu persiapan, meliputi kegiatan observasi, penyusunan instrumen penelitian serta uji coba instrumen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah inventori keterampilan memecahkan masalah, panduan eksperimen pelatihan teknik problem solving dan pedoman observasi. Tahap kedua yaitu seleksi subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh delapan orang siswa yang memiliki tingkat keterampilan memecahkan masalah rendah. Tahap ketiga adalah pelaksanaan pelatihan teknik probem solving. Teknik analisis data yang digunakan adalah Wilcoxon Signed-Rank.Analisis statistik memberi kesimpulan bahwa terdapat perbedaan, karena itu maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan memecahkan masalah siswa SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Hal tersebut terbukti dari hasil analisis Wilcoxon Signed-Rank yang membandingkan antara skor pre tes dan pos tes, diperoleh angka Z -2, 521 dengan sig 0, 012. Angka sig 0, 012 berarti < 0, 05, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan atau perubahan tingkat keterampilan memecahkan masalah antara sebelum dan setelah perlakuan berupa kegiatan pelatihan teknik problem solving. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan,saran bagi konselor yaitu teknik problem solving dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah pribadi sosial siswa. Disamping itu, bagi Jurusan BK, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dalam mengkaji teknik-teknik keterampilan memecahkan masalah. Hasil penelitian ini juga dapat dijadikan referensi bagi peneliti lain dalam melaksanakan penelitian selanjutnya yang berhubungan dengan keterampilan memecahkan masalah.