Penerapan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) siswa kelas III SDN Penarukan Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Siti Mariyatul Ulfa
Main Author: | Ulfa, Siti Mariyatul |
---|---|
Other Authors: | 1. Sa'dun Akbar ; 2. I Made Seken |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi PGSD1
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=54740 |
Daftar Isi:
- Kata Kunci:pendekatan SAVI, menulis puisiKeterampilan menulis merupakan salah satu aspek dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu hal yang dipelajari dalam kegiatan menulis di SD adalah keterampilan menulis puisi. Hasil observasi menunjukkan bahwa guru mengalami kesulitan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menarik sehingga siswa sulit dalam menggali ide dan daya imajinasi yang akan dituangkan dalam bentuk puisi. Gaya belajar siswa juga perlu diperhatikan karena mereka memiliki gaya belajar yang berbeda. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan perbaikan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan SAVI serta mendeskripsikan peningkatan keterampilan siswa dalam menulis puisi melalui penerapan pendekatan SAVI di kelas III SDN Penarukan Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang diadaptasi dari teori Kemmis dan MC. Taggart, meliputi 4 tahap yaitu planning, acting and observing, reflecting, dan revise plan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data terdiri dari instrumen observasi, pedoman wawancara, dan tes. Penelitian ini dilakukan di kelas III SDN Penarukan dengan subyek 24 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan.Pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan menerapkan pendekatan SAVI pada siklus 1 sudah cukup baik. Pada siklus 1 pertemuan 1 dari 25 deskriptor ada 7 deskriptor yang belum terlaksana. Tetapi pada siklus 1 pertemuan 2 hanya tinggal 4 deskriptor yang belum terlaksana. Pada siklus 2 pertemuan 1 hanya 1 deskriptor yang belum terlaksana. Tetapi pada siklus 2 pertemuan 2 semua deskriptor sudah dilaksanakan selama pembelajaran. Pada siklus 1 pertemuan 1 nilai penerapan pendekatan SAVI adalah 72. Nilai ini meningkat menjadi 88 pada siklus 1 pertemuan 2. Pada siklus 2 pertemuan 1 nilai penerapan pendekatan SAVI meningkat menjadi 96 dan meningkat lagi menjadi 100 pada siklus 2 pertemuan 2. Nilai rata-rata keterampilan menulis puisi siswa kelas III pada siklus 1 adalah 82,2. Pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 98,7.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan SAVI dapat meningkatkan menulis puisi siswa kelas III SDN Penarukan Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Pendekatan SAVI ini dapat juga digunakan pada materi yang lain serta pada tingkatan kelas yang lain untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. Bagi peneliti lain yang melakukan penelitian sejenis diharapkan agar memperhatikan pengorganisasian siswa dan kegiatan di kelas agar tidak mengalami kekurangan waktu pada saat pembelajaran.