Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua, pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan minat belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas XI IPS MAN 1 Malang semester gasal tahun ajaran 2011/2012) / Puji Endah Purnamasari
Main Author: | Purnamasari, Puji Endah |
---|---|
Other Authors: | 1. H. Moch. Ichsan ; 2. Grisvia Agustin |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Ekonomi
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=53798 |
Daftar Isi:
- Kata Kunci: Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Pemanfaatan Fasilitas Belajar di Sekolah, Minat Belajar, Hasil Belajar. Suatu bangsa dikatakan maju apabila bangsa tersebut mepunyai SDM yang handal dan berkualitas. Untuk mencetak SDM yang berkualitas diperlukan pendidikan. Sekolah merupakan suatu lembaga formal yang menjadi sarana terwujudnya tujuan tersebut. Di sekolah inilah siswa memperoleh pengetahuan dengan belajar berbagai macam hal. Hasil yang dicapai oleh peserta didik dari belajar tersebut adalah hasil belajar. Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar dapat digolongkan menjadi dua yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya adalah kondisi sosial ekonomi orang tua, dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah sedangkan untuk faktor internalnya antara lain adalah minat belajar pada mata pelajaran, khususnya pelajaran ekonomi. Variabel dalam penelitian ini antara lain adalah kondisi sosial ekonomi orang tua, pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan minat belajar pada mata pelajaran ekonomi sebagai variabel independen serta hasil belajar sebagai variabel dependen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh signifikan antara kondisi sosial ekonomi orang tua, pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi . Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS di MAN 1 Malang yang berjumlah 132 orang. Sampel yang diambil sebanyak 80 siswa dengan teknik proposionale random sampling yang diperoleh dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 16.00 for Windows, dengan tingkat probabilitas 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar, pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar, minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dan secara simultan kondisi sosial ekonomi orang tua, pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar. Ketiga variabel independen menunjukkan pengaruh positif terhadap variabel dependen.Saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan penelitian ini adalah Bagi Siswa, diharapkan untuk lebih meningkatkan motivasi diri dengan memanfaatkan kondisi sosial ekonomi orang tua yang ada, memanfaatkan fasilitas belajar di sekolah serta meningkatkan minat belajar guna mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. Bagi guru, diharapkan lebih memberikan motivasi kepada siswa guna berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kemudian orang tua hendaknya menyediakan kebutuhan /fasilitas belajar seperti memberikan bimbingan belajar, perlengkapan buku, computer, internet dll, dalam membantu proses belajar anak dan bagi pihak sekolah dapat meningkatkan ataupun mempertahankan sarana penunjang hasil belajar siswa, terutama dalam mata pelajaran Ekonomi. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya dapat menyempurnakan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa.