Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X Pemasaran 3 SMKN I Magetan / Ety Wulandari

Main Author: Wulandari, Ety
Other Authors: 1. Herry Kusdiyanti ; 2. Imam Buchori
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Tata Niaga , 2012
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=53775
Daftar Isi:
  • Kata kunci: Number Head Together, Hasil Belajar.Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Peranpendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, damai, terbuka,dan demokratis. Oleh karena itu, pembaharuan pendidikan harus selalu dilakukan untukmeningkatkan kualitas pendidikan nasional. Kualitas pendidikan yang rendah adalahsuatu permasalahan yang sedang dihadapi bangsa Indonesia saat ini. Berdasarkan haltersebut, untuk meningkatkan hasil belajar siswa antara lain dapat dilakukan denganmenerapkan model-model pembelajaran yang merujuk kepada proses pembelajaranaktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Salah satunya dengan penerapan modelpembelajaran NHT merupakan model pembelajaran yang menekankan pola interaksiantar sesama siswa dalam hal belajar baik menjawab pertanyaan, menyanggah, bahkanmenyimpulkan materi pelajaran. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: (1)Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran NHT, (2) Mendeskripsikan responsiswa terhadap penerapan model pembelajaran NHT , (3) Mengetahui prestasi belajarsiswa setelah penerapan model pembelajaran NHT .Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research)dengan pendekatan kualitatif terdiri dari dua siklus. masing-masing siklus terdiri dariempat tahapan antara lain perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi Subyekdalam penelitian ini adalah Siswa Kelas X PMS 3 dengan Mata PelajaranKewirausahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (aktivitasguru dan siswa dalam pembelajaran), wawancara, tes (pre-test dan post-test), catatanlapangan, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui 3 tahap yaitureduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Padaaspek kognitif siklus I menunjukkan 75,34% sedangkan siklus II menunjukkan 84,47%,hal tersebut menjelaskan adanya peningkatan rata-rata sebesar 9.13%. sedangkan padaaspek afektif nilai rata-rata siklus I sebesar 78,94% dan pada siklus II sebesar 97,36%.Dengan demikian mengalami peningkatan sebesar 18.42%.Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapanpembelajaran kooperatif model Number Head Together(NHT) dapat meningkatkan hasilbelajar siswa.Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan antara lain: (1) Bagi guruSMKN 1 Magetan khususnya guru mata pelajaran Kewirausahaan, sebaiknyamenggunakan model pembelajaran yang bervariasi dalam kegiatan pembelajaran agarhasil belajar siswa meningkat. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkanhasil belajar siswa adalah pembelajaran model Number Head Together sehingga model ini disarankan untuk diterapkan di kelas tetapi disesuaikan dengan materi yangdiajarkan, (2) Bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian dengan situasi dankondisi sekolah yang sama, hendaknya menerapkan model pembelajaraan Number HeadTogether, sehingga kemampuan dan hasil belajar siswa lebih meningkat lagi.