Pengembangan multimedia pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini di TK Sang Timur Malang / Epritha Kurniawati
Main Author: | Kurniawati, Epritha |
---|---|
Other Authors: | 1. MUSA SUKARDI ; 2. USEP KUSTIAWAN |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi S1 PG PAUD
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=53757 |
Daftar Isi:
- Kata Kunci : Pengembangan, Multimedia pembelajaran, Bahasa.Kemampuan berbahasa lisan merupakan hal yang sangat penting untukdikembangkan sebab bahasa adalah alat komunikasi. Pada usia 3-4 tahun, sampaimenjelang 12 tahun, merupakan waktu yang tepat bagi anak untuk menguasaibahasa kedua dengan lancar dan sesuai dengan pembicara asli. Berdasarkan hasilobservasi dan wawancara diperoleh data: (1) kegiatan pembelajaran di TK SangTimur Malang cenderung pada proses pembelajaran teacher centered, (2) guruhanya menggunakan media berupa buku dan gambar, sehingga anak cepat bosan.Cara pembelajaran dan media yang dipakai tersebut menurut peneliti kurangefektif untuk anak, untuk itu peneliti berupaya mengembangkan mediapembelajaran berupa multimedia pembelajaran yang dikemas dalam bentukCompact Disk (CD) interaktif, sehingga dapat menjadi salah satu alternatif mediapembelajaran yang efektif bagi anak dalam belajar berbahasa.Tujuan penelitian dan pengembangan multimedia pembelajaran yaituuntuk menghasilkan suatu produk multimedia pembelajaran berbentuk CompactDisk (CD) interaktif yang dapat dipakai untuk meningkatkan kemampuanberbahasa anak yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pencapaian tujuanpembelajaran yang ditentukan.Prosedur pengembangan multimedia pembelajaran untuk meningkatkankemampuan bahasa anak usia dini adalah: 1) Melakukan identifikasi kebutuhan,2) Merumusan tujuan, 3) Mengembangan materi, 4) Mengembangan AlatEvaluasi, 5) Menyusun Naskah/Story Board dan Story Line,6) Memproduksimedia, 7) Membuat Petunjuk Pemanfaatan, 8) Melakukan validasi pada 2 orangahli media dan seorang ahli materi, 9) Melakukan revisi produk berdasarkanproses validasi. Intrumen yang digunakan adalah berupa angket berisi tentangrancangan produk dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakanadalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase.Hasil penelitian dan pengembangan ini diperoleh 88,2% untuk hasilvalidasi ahli media, 95% untuk hasil validasi ahli materi, 93,3% untuk hasil ujicoba kelompok kecil, dan 94,9% untuk hasil uji coba lapangan.Berdasarkan hasiltersebut multimedia pembelajaran digolongkan dalam kriteria layak untukdigunakan.Berdasarkan hasil validasi, observasi pada uji coba kelompok kecil danuji coba lapangan disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran efektif,mudahdigunakan,menarik,dan juga menyenangkan bagi anak. Diharapkan hasilpengembangan multimedia pembelajaran ini hendaknya dikembangkan lebih baiklagi, tepat guna, dan tepat sasaran sehingga dapat dimanfaatkan sesuai dengankebutuhan dan mencapai tujuan pembelajaran berbahasa Anak Usia Dini.