Peningkatan kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman diri sendiri melalui strategi mind mapping siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Talun / Ika Novianti Pararuk
Main Author: | Pararuk, Ika Novianti |
---|---|
Other Authors: | 1. YUNI PRATIWI ; 2. MUSTHOFA KAMAL |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=53238 |
Daftar Isi:
- Kata kunci: menulis cerpen, pengalaman diri sendiri, strategi mind mapping.Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan mata pelajaran BahasaIndonesia kelas X, terdapat kompetensi dasar (KD) tentang kemampuan menuliscerpen berdasarkan pengalaman diri sendiri. Melalui KD ini, dimaksudkan siswadapat menulis cerpen dengan ide dasar pengalaman diri sendiri. Untukmeningkatkan kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman diri sendiri,diperlukan strategi pembelajaran yang tepat. Salah satu strategi pembelajaranyang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpenberdasarkan pengalaman diri sendiri adalah strategi mind mapping. Denganstrategi mind mapping ini, siswa dibimbing untuk mengkreasikan pengalamanyang pernah dialami sebagai sumber penulisan cerpen. Dalam penelitian ini, siswadiminta untuk membuat suatu peta pikiran yang berwarna dan bergambar untukmemudahkan siswa dalam mengingat pengalaman yang pernah mereka alami danmemudahkan siswa dalam mengembangkannya menjadi sebuah cerpen.Secara umum, penelitian ini berupaya menjawab masalah tentang prosesdan hasil peningkatan kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman dirisendiri dengan strategi mind mapping pada siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Talun.Strategi mind mapping diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menuliscerpen siswa berdasarkan pengalaman diri sendiri.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Sesuaidengan rancangan itu, penelitian disusun dalam siklus yang meliputi perencanaan(penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), pelaksanaan, pengamatan,hasil tindakan, dan refleksi. Penetapan subjek penelitian didasarkan pada hasilanalisis studi pendahuluan. Subjek yang diberi tindakan adalah seluruh siswakelas X-6 SMA Negeri 1 Talun yang berjumlah 30 orang. Dalam penelitian ini,peneliti sebagai intrumen kunci yang didukung oleh instrumen penunjang berupapedoman wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam menulis cerpenberdasarkan pengalaman diri sendiri dengan menggunakan strategi mind mappingmengalami peningkatan. Siswa lebih terlihat antusias dan bersemangat dalammenulis cerpen, karena penggunaan strategi mind mapping dapat meningkatandaya imajinasi dan kreativitas siswa.Berdasarkan hasil analisis, kemampuan siswa dalam memilih pengalamandiri sendiri mengalami peningkatan, siswa dapat mengembangkan tokoh, latar,iidan alur dengan baik. Siswa juga terlihat antusias dalam proses pembelajaran, halini terlihat dari keaktifan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan.Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini diantaranya adalahkemampuan menulis cerpen siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Talun bisaditingkatkan dengan penerapan strategi mind mapping, sehingga KKM bisatercapai. Mengingat manfaat yang dapat diperoleh siswa, maka disarankan bagiguru untuk menerapkan strategi mind mapping untuk meningkatkan kemampuanmenulis cerpen berdasarkan pengalaman diri sendiri, berusaha memotifasi siswadan meningkatkan minat siswa pada kompetensi dasar yang diteliti, sertamengembangkan media maupun strategi pembelajaran menulis cerpen. Bagipeneliti yang akan datang diharapkan untuk meneliti tentang peningkatanketerampilan lain dengan strategi mind mapping.