Analisis kesalahan konsep dan perbaikannya pada buku teks matematika SMP kelas VII / Trinindya W. Nurike

Main Author: Nurike, Trinindya W.
Other Authors: 1. MUCHTAR ABDUL KARIM ; 2. SUKORIYANTO
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Matematika , 2011
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=51251
Daftar Isi:
  • Kata kunci: kesalahan konsep matematika, perbaikan konsep matematika, buku teks matematika.Buku teks merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan belajar siswa. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti pada SMP di Tulungagung, siswa dan guru menggunakan buku teks sebagai bahan acuan dalam mengajar matematika. Namun, menurut penelitian sebelumnya, kesalahan konsep dan isi yang tidak sesuai kurikulum masih sering ditemukan. Pada penelitian ini, penulis menganalisis lima buku teks matematika SMP kelas VII, yaitu: PP, TS, E1/ E2, AD, dan IP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan dan perbaikan konsep matematika pada buku teks matematika dan kesesuaian materi pada buku teks dengan kurikulum. Kesalahan konsep matematika dalam hal ini adalah kesalahan mendefinisikan konsep, kesalahan membedakan contoh dan bukan contoh konsep, pemberian ilustrasi tidak sesuai dengan definisi konsep yang diberikan, ketidaktepatan atau ketidaklengkapan dalam mengungkapkan semesta pembicaraan, dan penggunaan konsep yang belum dikenal atau penggunaan yang tidak konsisten.Dari analisis, didapatkan kesalahan konsep matematika pada lima buku teks, yaitu dengan rincian: (1) Kesalahan konsep matematika dalam hal ini adalah kesalahan mendefinisikan konsep ditemukan sebanyak 28 data, (2) Kesalahan membedakan contoh dan bukan contoh konsep sebanyak 5 data, (3) Pemberian ilustrasi tidak sesuai dengan definisi konsep yang diberikan tidak ditemukan kesalahan, dan (4) Ketidaktepatan atau ketidaklengkapan dalam mengungkapkan semesta pembicaraan ditemukan sebanyak 14 data, dan (5) Penggunaan konsep yang belum dikenal atau penggunaan konsep yang tidak konsisten ditemukan sebanyak 12 data. Untuk penyajian materi pada kelima buku sudah sesuai dengan kurikulum, yaitu dengan persentase kesesuaian untuk PP 95,50%, buku TS 87,64%, buku E1/ E2 84,23%, buku AD 77,53% dan buku IP 80,90%.Berdasarkan hasil analisis dan perbaikan yang dilakukan, disarankan bagi guru yang ingin menggunakan buku teks yang telah dianalisis dapat merujuk hasil penelitian, bagi peneliti selanjutnya, analisis buku teks matematika SMP perlu ditingkatkan pada aspek yang lain, misalnya bahasa yang digunakan, penulisan, kekonsistenan penyajian, kesesuaian indikator, dan tingkat kesulitan soal untuk mengukur kualitas dari buku teks, dan bagi penerbit, buku teks matematika sebaiknya dikonsultasikan kepada para ahli sebelum dicetak dan apabila ingin mencetak kembali dapat merujuk hasil penelitian.