Pengaruh metode pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar kimia dan persepsi siswa SMK Negeri 4 Malang pada materi reaksi reduksi oksidasi / Nita Febriyawati

Main Author: Febriyawati, Nita
Other Authors: 1. I WAYAN DASNA ; 2. IDA BAGUS SURYADHARMA
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Kimia , 2011
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=51229
Daftar Isi:
  • Kata kunci: Metode Inkuiri Terbimbing, Prestasi Belajar, Persepsi.Dalam pembelajaran di sekolah, ilmu kimia merupakan materi yang sulit dipahami berdasarkan ciri-ciri di dalamnya. Untuk dapat menguasai materi kimia dengan konsep-konsep yang abstrak dan sulit dipahami oleh siswa, siswa harus dilibatkan dalam proses pembelajaran. Metode pembelajaran yang menekankan penemuan konsep dalam memberikan pengalaman belajar kepada siswa adalah metode pembelajaran inkuiri terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terhadap perbedaan prestasi belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan metode konvensional dan persepsi siswa terhadap penggunaan metode inkuiri terbimbing dalam materi reaksi reduksi oksidasi.Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dan deskriptif. Rancangan semu untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rancangan deskriptif untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran inkuiri terbimbing pada kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 4 Malang semester genap tahun ajaran 2010/2011 yang terdiri dari 28 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas X Persiapan Grafika-B sebagai kelas eksperimen dan kelas X Persiapan Grafika-D sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April 2011. Kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa soal tes dan angket. Tes berupa soal dengan bentuk pilihan ganda terdiri dari 25 butir soal yang valid, dengan reliabilitas sebesar 0,729. Analisis yang dilakukan adalah analisis statistik uji-t menggunakan bantuan SPSS 16,0 for Windows dengan signifikansi 0,05 dan analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan metode konvensional (t hitung = 2,176 > t tabel = 1996) pada taraf signifikansi 0,05. Rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen sebesar 68,1 lebih tinggi daripada kelas kontrol sebesar 64,3. Dalam analisis deskriptif, diperoleh persepsi siswa dengan kategori sangat positif sebesar 19%, kategori positif sebesar 81%.