Pengaruh strategi penyajian graphic organizers, kecerdasan bahasa dan sikap terhadap hasil belajar bahasa Inggris di SMA / Thereesje Roza Souisa
Main Author: | Souisa, Thereesje Roza |
---|---|
Other Authors: | 1. I NYOMAN SUDANA DEGENG ; 2. PUNADJI SETYOSARI ; 3. SIUSANA KWELDJU |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Teknologi Pembelajaran
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=50426 |
Daftar Isi:
- Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof.Dr. I Nyoman Sudana Degeng, (II) Prof.Dr. Punadji Setyosari M.Pd., M.Ed., (III) Prof.Dr. Siusana Kweldju M.Pd.Kata Kunci: strategi penyajian, graphic organizers, kecerdasan bahasa, sikap, hasil belajar.Strategi pembelajaran merupakan salah satu dari sekian banyaknya variabel yang diindikasikan dapat meningkatkan hasil belajar. Pemelihan strategi pembelajaran yang tepat akan dapat memudahkan pebelajar menerima dan mentransfer pengetahuan yang dipelajari dengan lebih baik. Salah satu dimensi dalam strategi pembelajaran adalah strategi penyajian yang memegang peranan penting dalam menyajikan materi kepada pebelajar dan cara untuk menerima input dari pebelajar tentang apa yang dipelajari. Pemelihan dan penerapan strategi penyajian dengan tepat akan menghasilkan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi pebelajar. Graphic organizer merupakan salah satu strategi yang direkomendasikan oleh para peneliti sebagai strategi yang paling efektif dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris khususnya dalam keterampilan membaca. Disisi lain karateristik pebelajar yakni kecerdasan bahasa dan sikap terhadap pembelajaran turut memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar.Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh utama strategi penyajian graphic organzers (graphic advance organizer versus graphic post organizer), kecerdasan bahasa dan sikap serta pengaruh interaksi diantara variabel perlakuan terhadap hasil belajar pemahaman bacaan. Dengan demikian metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial versi non-equivalent control group design. Subjek penelitian adalah pebelajar SMA Negeri 2 Ambon kelas XI program IPA tahun pembelajaran 2010/2011. Pemelihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui tes kecerdasan bahasa, tes awal, tes hasil belajar dan angket sikap. Data dianalisis secara statistik inferensial dengan menggunakan analisis kovarian tiga jalur dengan taraf signifikansi 0.05%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar bahasa Inggris antara kelompok pebelajar yang belajar dengan strategi penyajian graphic advance organizer dan strategi penyajian graphic post organizer. (2) Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar bahasa Inggris antara kelompok pebelajar yang memiliki kecerdasan bahasa tinggi dan kelompok pebelajar yang memiliki kecerdasan bahasa rendah.(3) Tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar bahasa Inggris antara kelompok pebelajar yang memiliki sikap positif dan kelompok pebelajar yang memiliki sikap negatif. (4) Ada pengaruh interaksi antara strategi penyajian graphic organizers dengan kecerdasan bahasa terhadap hasil belajar bahasa Inggris. (5) Tidak ada pengaruh interaksi antara strategi penyajian graphic organizers dengan sikap terhadap hasil belajar bahasa Inggris. (6) Tidak ada pengaruh interaksi antara kecerdasan bahasa dengan sikap pebelajar terhadap hasil belajar bahasa Inggris. (7) Tidak ada pengaruh interaksi antara strategi penyajian graphic organizers, kecerdasan bahasa dan sikap terhadap hasil belajar bahasa Inggris.Berdasarkan temuan penelitian ini, beberapa saran disampaikan antara lain; a) Pembelajar disarankan menerapkan strategi penyajian graphic organizers namun tetap dengan memperhatikan jenis dan struktur teks serta panjang dan pendeknya teks. b) Pembelajar disarankan untuk merancang materi pengajaran yang up to date dan lebih kontektual sesuai dengan kebutuhan pebelajar sehingga pebelajar lebih tertarik untuk bereksplore dengan teks melalui strategi graphic orgnizers.c) Penting untuk mengetahui dan memahami karateristik supaya strategi penyajian yang dipilih sesuai dengan karateristik pebelajar dan proses pembelajaran dapat menjadi lebih menyenangkan dan bermakna.d)Pembelajar perlu menciptakan situasi pembelajaran yang nyaman dengan cara memotivasi pebelajar untuk secara mandiri meningkatkan potensi diri pebelajar. e)Temuan penelitian ini dapat menjadi referensi yang berguna bagi pembelajaran mata pelajaran yang lain, namun tetap dengan mempertimbangkan tingkat kesulitan bahan pembelajaran.f) Bagi praktisi pembelajaran, temuan penelitian ini dapat menjadi salah satu referensi yang bermanfaat dalam mendesain dan merancang pembelajaran bukan saja pada aspek penyampaian/penyajian materi pembelajaran, tapi juga pada aspek pengorganisasian dan pengelolaan pembelajaran sebagai upaya memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran.