Upaya peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran think pair share (TPS) siswa kelas IV SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Dina Monika Amarduan

Main Author: Amarduan, Dina Monika
Other Authors: 1. AHMAD SAMAWI ; 2. NUR HANIFAH
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi S1 PGSD , 2011
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=50121
Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Model Think-Pair-Share (TPS), Hasil Belajar, PKn SD Pembelajaran PKn di kelas IV SDN Madyopuro 5 masih cenderung berpusat pada guru sehingga kurang adanya keaktifan siswa. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran PKn di SDN Madyopuro 5 adalah ≥ 60 .Dari hasil ulangan formatif PKn materi Pemerintahan Daerah diketahui bahwa siswa yang memperoleh nilai ≤ 60 mencapai 10 siswa yang berarti 41,7% siswa belum tuntas belajar secara individu sehingga ketuntasan belajaran klasikal juga rendah yaitu 58,3%. Untuk itu perlu adanya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai upya meningkatkan hasil belajar siswa tersebut,model Think-pair-Share perlu digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran karena kegiatan pembelajarannya dapat membuat siswa aktif belajar.Rumusan masalah penelitian ini yaitu 1) penerapan model Think-Pair-Share yang dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang? dan 2) apakah model pembelajaran Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang? Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Madyopuro 5 semester I tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2011 sampai April 2011. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif dengan rancangan PTK 2 (dua) siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes,dan observasi. Adapun untuk menganalisis data yang dikumpulkan digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) penerapan model Think-Pair-Share meliputi kegiatan berpikir secara individual untuk memikirkan atau mencari penyelesaian masalah/jawaban yang terbaik dan berbagi hasil diskusi kelompok kepada seluruh anggota kelas, 2) penerapan model Think-Pair-Share dapat meningaktan hasil belajar siswa yang sebelum tindakan ketuntasan belajar siswa klasikal hanya mencapai 58,3% meningkat 25% menjadi 83,3% pada siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 8,4% menjadi 91,7% pada siklus II; pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disaran agar penjelasan langkah-langkah pembelajaran Think-Pair-Share yang baru diterapkan hendaknya disampaikan secara jelas dan rinci; pembagian kelompok hendaknya dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan tutor sebaya serta mengolah waktu dengan efektif.