Pengembangan instrumen penilaian produk pokok bahasan suhu dan kalor untuk mengukur hasil belajar siswa SMA kelas X / Ika Fitria
Main Author: | Fitria, Ika |
---|---|
Other Authors: | 1. MUHARDJITO ; 2. SUBANI |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Fisika
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=49802 |
Daftar Isi:
- Kata Kunci: instrumen penilaian produk, hasil belajarBerdasarkan wawancara dengan guru Fisika SMA PGRI 1 Lumajang, ditemukan bahwa belum ada instrumen penilaian untuk mengukur hasil belajar siswa secara keseluruhan, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen penilaian produk sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik materi fisika pada pokok bahasan Suhu dan Kalor dan menemukan kelebihan serta kekurangan instrumen penilaian produk yang dikembangkan.Penelitian ini menggunakan desain Research and Development. Kegiatan pada langkah-langkah penelitian pengembangan ini adalah (1) studi pendahuluan yang meliputi studi pustaka, survey lapangan dan penyusunan draf instrumen penilaian, dan (2) pengembangan, meliputi validasi, revisi dan lembar instrumen penilaian, uji coba terbatas, analisis butir soal dan lembar penilaian hasil pengembangan. Produk pengembangan ini adalah instrumen penilaian produk untuk mengukur hasil belajar siswa dalam bentuk soal pilihan ganda dengan lima pilihan jawaban dan lembar penilaian produk siswa.Hasil validasi oleh evaluator menunjukkan bahwa instrumen penilaian kognitif yang dikembangkan memenuhi kriteria baik dengan rata-rata 3,49 dari skor tertinggi 4 dan dengan persentase 87,28% dan instrumen penilaian produk yang dikembangkan memenuhi kriteria baik dengan rata-rata 3,78 dari skor tertinggi 4 dan dengan persentase 94,42%. Kelebihan instrumen penilaian ini adalah dapat digunakan sebagai instrumen penilaian untuk mengukur aspek kognitif siswa dan instrumen penilaian yang berbentuk lembar penilaian produk dapat digunakan untuk mengukur aspek afektif dan psikomotor siswa. Dari hasil uji coba terbatas diketahui bahwa instrumen penilaian kognitif mempunyai reliabilitas sebesar 0,806.