Pengaruh kualitas pembelajaran dan modernitas individu terhadap economic literacy siswa Jurusan Ilmu Sosial (IS) di SMA Negeri 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan / Puriwulan Sari Yunianityas

Main Author: Yunianityas, Puriwulan Sari
Other Authors: 1. WAHJOEDI ; 2. SAPIR
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Ekonomi , 2011
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=49729
Daftar Isi:
  • Kata Kunci: economic literacy, kualitas pembelajaran, modernitas individuPada abad globalisasi dituntut adanya peningkatan kualitas sumber- daya manusia. Sebagai salah satu antisipasi dalam peningkatan kualitas sumber- daya manusia adalah melalui peningkatan peranan pendidikan yakni dengan cara pemberlakuan model pendidikan Life Skills Education (Pendidikan Kecakapan Hidup) melalui pendekatan Broad-Based Education (Pendidikan Berbasis Luas). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), merupakan penjabaran lebih lanjut dari sistem pendidikan yang berorientasi kepada Life Skills Educations (Pendidikan Kecakapan Hidup). Terkait dengan kecakapan hidup (life skill), mata pelajaran ekonomi memiliki peran penting dalam membentuk pelaku ekonomi yang rasional, terutama pada pengambilan keputusan ekonomi. Siswa yang mampu berfikir rasional dalam melakukan kegiatan ekonomi dapat dikatakan bahwa siswa tersebut telah melek ekonomi (economic literacy). Economic literacy siswa merupakan salah satu bentuk hasil belajar.Sebagai hasil belajar, economic literacy dipengaruhi oleh dua factor yaitu faktor intern dan ekstern. Salah satu faktor ekstern yang menentukan economic literacy siswa adalah kualitas pembelajaran yang dialami siswa selama di sekolah. Kualitas pembelajaran yang dialami akan sangat menentukan pada kualitas hasil belajar yang dicapai. Economic literacy selain dipengaruhi oleh faktor ekstern, juga dipengaruhi oleh faktor intern. Dalam faktor intern terdapat faktor psikologis yang sangat mempengaruhi kondisi kejiwaan dan pemikiran siswa. Modernitas menunjukkan pada pengertian kondisi tingkatan modern pada seseorang atau masyarakat, modernitas individu merupakan faktor psikologis yang berhubungan dengan economic literacy.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis beberapa hal yaitu: pengaruh kualitas pembelajaran terhadap economic literacy, pengaruh modernitas individu terhadap economic literacy, pengaruh kualitas pembelajaran dan modernitas individu terhadap economic literacy. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional, dengan dua variable bebas yaitu kualitas pembelajaran dan modernitas individu, serta satu variable terikat yaitu economic literacy. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri I Purwosari Kabupaten Pasuruan, dengan populasi siswa kelas XI dan XII jurusan Ilmu Sosial sebanyak 197 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu stratified proportional random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 133 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan bantuan program SPSS 17 for Windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa economic literacy siswa, kualitas pembelajaran, dan modernitas individu siswa jurusan Ilmu Sosial (IS) di SMA Negeri I Purwosari Kabupaten Pasuruan tergolong baik. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda diketahui bahwa secara parsial antara kualitas pembelajaran dan modernitas individu memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap economic literacy. Hal tersebut dibuktikan melalui nilai thitung > ttabel dan nilai signifikansi