Penerapan model student team achievement division (STAD) untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Jimbaran III Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan / Dedy Dwi Wahyudi

Main Author: Wahyudi, Dedy Dwi
Other Authors: 1. HERU AGUS TRIWIDJAJA
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi S1 PJJ PGSD , 2011
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=49066
Daftar Isi:
  • Kata Kunci : Pembelajaran, IPA , STADPembelajaran IPA di kelas IV SDN Jimbaran III Puspo pada materi energi alternatif, guru mendominasi dalam pembelajaran secara konvensional, guru tidak mengajak siswa untuk terlibat dalam tanya jawab yang berkaitan dengan materi, dan langsung memberikan tugas mandiri tanpa penjelasan lebih dulu dan penggunaan model pembelajaran terkesan kaku dan membosankan, sehingga hasil belajar siswa belum optimal. Berdasarkan pengamatan peneliti pada guru kelas IV, bahwa hasil ulangan materi energi alternatif, dari 17 siswa, hanya 7 siswa yang mendapatkan nilai memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan yaitu nilai 70, sedangkan sisanya dibawah nilai KKM. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses belajar mengajar dengan model STAD dalam meningkatkan pembelajaran IPA kelas IV SDN Jimbaran III Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan, dan mendeskripsikan aktivitas siswa kelas IV SDN Jimbaran III Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan, serta mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IV SDN Jimbaran III Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan.Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Jimbaran III Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan sebanyak dua siklus. Setiap siklus penelitian meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah 17 siswa. Hasil penelitian ini adalah penerapan model STAD dapat meningkatkan proses belajar mengajar, yaitu sikus-1 dengan nilai 93 naik pada siklus-2 dengan nilai 100, dan meningkatkan aktivitas belajar siswa dibuktikan dengan adanya peningkatan pada tiap siklus yaitu pada siklus-1 rata-rata 60,6 naik menjadi 85,3 pada siklus-2 serta hasil belajar siswa kelas IV di SDN Jimbaran III Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan 88% telah mencapai ketuntasan dari target minimal 75% dan memenuhi Standar Ketuntasan Minimal yaitu 70 dengan rata-rata kelas 75,5. Berdasarkan temuan diatas, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model STAD dapat meningkatkan pembelajaran IPA dalam materi energi alternatif. Saran yang perlu disampaikan kaitannya dengan hasil penelitiaan ini adalah model STAD dapat digunakan untuk meningkatkan pembelajaran IPA dalam materi energi alternatif