Penerapan pembelajaran berbasis proyek (PBP) dipandu dengan group investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi, keterampilan proses, hasil belajar, dan respons siswa kelas X-5 SMA Negeri I Purwosari / Fifin Indarwati

Main Author: Indarwati, Fifin
Other Authors: 1. HADI SUWONO ; 2. FATCHUR ROHMAN
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Jurusan Biologi , 2010
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=45755
Daftar Isi:
  • Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Projek (PBP), Group Investigation (GI), motivasi, keterampilan proses, hasil belajar, respons. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi Biologi kelas X-5 SMA Negeri I Purwosari diperoleh beberapa fakta dalam pembelajaran antara lain: kegiatan pembelajaran didominasi oleh guru atau teacher centered, guru sering menggunakan metode ceramah, nilai rata-rata siswa di bawah Standar Ketuntasan Minimum, siswa kurang termotivasi mengikuti pelajaran, siswa kurang aktif dalam kegiatan diskusi kelas, dan siswa sering terlambat mengumpulkan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Pembelajaran Berbasis Projek (PBP) dipandu dengan Group Investigation (GI) dalam meningkatkan motivasi, keterampilan proses, hasil belajar, dan respons siswa kelas X-5 SMA Negeri I Purwosari. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri I Purwosari Pasuruan, pada tanggal 21 April 2010 sampai dengan 12 Mei 2010. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan data dianalisis secara deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-5 SMA Negeri I Purwosari. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa motivasi, keterampilan proses, hasil belajar, dan respons siswa. Instrumen penelitian berupa angket motivasi, rubrik penilaian keterampilan proses, soal tes kognitif, dan angket respons siswa. Peningkatan skor rata-rata keseluruhan aspek motivasi belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 0,4. Peningkatan skor rata-rata keseluruhan aspek keterampilan proses dari siklus I ke siklus II sebesar 4,71. Persentase ketuntasan belajar mengalami peningkatan sebesar 20% dari siklus I ke siklus II. Skor rata-rata hasil tes siswa mengalami peningkatan sebesar 8,07. Persentase siswa yang memberikan respons positif (sangat setuju) mengalami peningkatan sebesar 46%. Peresntase siswa yang memberikan respons ragu-ragu berkurang sebesar 38,5% dari siklus I ke siklus II. Persentase siswa yang memberikan respons tidak setuju berkurang sebesar 2,75% dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran Berbasis Projek dipandu dengan Group Investigation (GI) dapat meningkatkan motivasi, keterampilan proses, hasil belajar, dan respons siswa kelas X-5 SMA Negeri I Purwosari. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar Pembelajaran Berbasis Projek dipandu dengan Group Investigation (GI) dalam pembelajaran biologi lebih mendapat perhatian dan tanggapan yang serius dari guru karena melalui model pembelajaran tersebut siswa dapat memperluas dan memperdalam pemahaman tentang pengetahuan pada topik ekosistem yang dikaitkan dengan lingkungan sekitar siswa.