Penerapan model pembelajaran cooperatif integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas VII SMP Negeri 7 Malang / Havivi Hidayanti
Main Author: | Hidayanti, Havivi |
---|---|
Other Authors: | 1. SRI UNTARI ; 2. SITI AWALIYAH |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Proram Studi Pendidikan Pancasila dan Kewaranegaraan
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=45656 |
Daftar Isi:
- Kata kunci: Model Pembelajaran CIRC, Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar SiswaGuru merupakan faktor paling penting dalam proses pembelajaran, karenaguru akan berhadapan langsung dengan siswa. Berdasarkan observasi awalkeaktifan siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Malang selama proses pembelajaranmasih kurang karena siswa hanya mendengarkan dan mencatat pelajaran yangdiberikan guru. Siswa kurang aktif dalam bertanya, menjawab, berdiskusi dankurang tepat dalam mengumpulkan tugas dari guru. Berdasarkan fenomenatersebut, maka diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat memberdayakanperan aktif siswa sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan aktivitas dan hasilbelajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah modelpembelajaran CIRC. Melalui kegiatan pokok dalam model pembelajaran inimembiasakan siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran di kelas.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapanpembelajaran kooperatif model CIRC pada pelajaran PKn kelas VII di SMPNegeri 7 Malang, (2) mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa kelas kelasVII pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 7 Malang melalui penerapanpembelajaran kooperatif model CIRC, (3) mengetahui peningkatan hasil belajarsiswa kelas VII SMP Negeri 7 Malang setelah penerapan model CIRC dalampembelajaran PKn.Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif denganpenelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung selama dua siklusdengan pokok bahasan upaya perlindungan HAM dan upaya penegakan HAM.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 7 Malang yangberjumlah 44 siswa, selanjutnya siswa tersebut di bagi kedalam 9 kelompokheterogen. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes,angket, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalampenelitian ini meliputi kegiatan pengumpulan data, penyajian data, penarikankesimpulan dan reduksi data.Hasil penelitian selama dua siklus dan empat kali pertemuan menunjukkanbahwa presentase keterlaksanaan pembelajaran model CIRC yang dilakukan olehguru pada siklus I sebesar 74% dan siklus II sebesar 100%. Dengan demikianterjadi peningkatan keterlaksanaan pembelajaran dari siklus I ke siklus II sebesar26%. Untuk aktivitas belajar siswa diketahui terjadi peningkatan aktivitas darisiklus I ke siklus II. Pada siklus I keaktifan siswa bertanya sebesar 8% danmeningkat pada siklus II sebesar 34% yaitu 42%, keaktifan menjawab siklus I29,5 dan meningkat pada siklus II sebesar 25% yaitu 54,5%, keaktifan diskusisiklus I 7,5% meningkat pada siklus II sebesar 59,5% yaitu 67%, ketepataniimenyelesaikan tugas siklus I 89,5% meningkat 9,5% pada siklus II yaitu 99%.Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Padasiklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 75 dan pada siklus II terjadi peningkatansebesar 13% sehingga nilai rata-rata hasil belajar pada siklus II sebesar 87,68.Selain itu, berdasarkan hasil angket yang telah dibagikan pada siswa setelahpenerapan model CIRC, menunjukkan bahwa dalam pembelajaran CIRC siswaantusias dan memperhatikan serta mengikuti tahap demi tahap, karena pernyataandalam angket berhubungan dengan pembelajaran CIRC yang telah dilaksanakanselama dua siklus dan empat kali pertemuan. Hal ini membuktikan bahwa siswamemperhatikan dan mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan adatanggapan positif terhadap model pembelajaran CIRC.Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa(1) model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan aktivitas siswa pada matapelajaran PKn kelas VII SMP Negeri 7 Malang, (2) model pembelajaran CIRCdapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VII SMPNegeri 7 Malang, (3) siswa kelas VII D memberikan respon yang positif terhadappenerapan model CIRC pada mata pelajaran PKn. Ada beberapa hal saran daripeneliti berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, antara lain (1) modelpembelajaran CIRC dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajarn yangdapat diterapkan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada matapelajaran PKn, (2) penerapan model pembelajaran CIRC hendaknya diterapkanpada materi yang teorinya bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, karenasiswa akan lebih cepat mengerti tentang materi tersebut, (3) penerapan modelpembelajaran CIRC hendaknya dilakukan secara bertahap sesuai dengan kegiatanpokok yang terdapat dalam model pembelajarn CIRC, (4) penerapan modelpembelajaran CIRC hendaknya tidak dilakukan di kelas yang digunakan seharihariagar tidak mengganggu kelas lain, karena pada saat presentase kelompoksiswa cenderung ramai karena berebut bertanya atau menjawab, (5) penelitian inidapat diteruskan oleh peneliti selanjutnya untuk diterapkan pada kelas, sekolah,pelajaran dan materi yang berbeda.