Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi globalisasi pada siswa kelas IV SDN Pungging tutur Pasuruan / Abdul Azis

Main Author: Azis, Abdul
Other Authors: 1. RUMINIATI ; 2. SUTRISNO
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi S1 PGSD , 2010
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=45614
Daftar Isi:
  • Kata kunci: pembelajaran Jigsaw, hasil belajar, tentang globalisasi, PKn.Penelitian ini berlatar belakang adanya kualitas praktik pembelajaran di kelas IV SDN Pungging yang relatif rendah. Kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran tentang globalisasi disebabkan guru kurang kreatif dalam penggunaan model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar. Keaktifan siswa dalam belajar masih rendah, siswa-siswa kurang kreatif, kurang menyenangkan karena pembelajaran yang masih cenderung berpusat pada guru, dan hasil dari peneliti lain menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Jigsaw.Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV di SDN Pungging Kabupaten Pasuruan pada pembelajaran PKn tentang Globalisasi.(2) mendeskripsikan pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Pungging Kabupaten Pasuruan pada pembelajaran PKn tentang Globalisasi.Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini dilakukan dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui 4 tahap: mulai dari tahap proses identifikasi masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tehnik pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data ketuntasan individu mencapai skor 65% atau nilai 65, dan kelas disebut tuntas belajar bila di kelas tersebut terdapat 85% yang telah mencapai daya serap lebih dari atau sama dengan 65%.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar PKn setelah mendapat pembelajaran PKn materi globalisasi dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw. Peningkatan ini dilihat dari partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran dan hasil belajar yang ditunjukkan oleh skor hasil tes. dilihat dari hasil belajar siswa sebelum penerapan model jigsaw memperoleh nilai rata-rata menjadi 72,4 pada siklus I dan menjadi 83 pada siklus II. Sedangkan pada penilaian proses sebelum penerapan model pembelajaran jigsaw memperoleh nilai rata-rata 66,7 menjadi 74,3 pada siklus I dan menjadi 85,3 pada siklus II.Berdasarkan hasil penelitian ini, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw dapat dipertimbangkan sebagai alternatif model pembelajaran tentang globalisasi. Hasil ketuntasan belajar siswa mencapai 85,3 di atas ketentuan yang ditetapkan yaitu 70. Hasil penelitian ini sangat dimungkinkan dapat diterapkan di kelas IV sekolah lain jika kondisinya relatif sama atau mirip dengan sekolah yang menjadi latar penelitian ini.