Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa SMAN 2 Malang tahun ajaran 2003/2004 oleh Siti Sya'idah

Main Author: Sya'idah, Siti
Other Authors: 1. SUTARMAN ; 2. SIRWADJI
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Jurusan Fisika , 2010
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=44500
Daftar Isi:
  • Guru SMAN 2 Malangd alamm elaksanakakne giatanb elajarm engajarfi sikamenerapkamne todec eramahB. erdasarkaonb servasai wal,t emyatap enerapanmetodtee rsebumt enyebabkapna ras iswak urangm endapakte sempataunn tukmengembangkkaena tivitas.S elaini tu, siswaju ga kurangt erlibats ecarao ptimaldalamk egiatanp embelajaranH.a l ini merupakasna lahs atup enyebabku rangnyamotivassi iswad alamb elajarH. asilo bservasai wald i SMAN 2 Malangju gamenunjukkaknu rangnyap erhatians iswat erhadapm aterip elajaranfi sika.H al initampakd ari seringnyas iswat erlambamt asukk e kelas.P erhatiansi swaju ga seringterpecashe lamak egiatanp embelajarabne rlangsungB.e rdasarkahna silw awancaradengagnu ruf isikad i SMAN 2 Malang,h asilb elajars iswajugac ukupr endah.Berdasarkapne rmasalahayna ngm unculd ilapangatne rsebutm, akam etodec eramahdianggapkr uangt epatu ntuk diterapkans ehinggap erlu dicari metodela in yangl ebihtepatU. ntuki tulah,p embelajarakno operatimf odelS TAD dicobad iterapkand andianalisidsa mpaknytae rhadapm otivasid anh asilb elajarf isika siswa.Tujuadna ripenelitianin i adalahm endeskripsikapnro sesd anh asilp enerapapne mbelajarankooperatifm odelS TAD dalamu payam eningkatkanm otivasid anh asilb elajars iswa.Peuelitianin i merupakapne nelitiank ualitatifd enganje nis penelitianti ndakankelas( classrooma ctionr esearch)P. enelitianin i berlangsundga lamd uas iklus,yakni:s iklusI menggunakamna teriS tuktur Inti danR adioaktivitadsa nS iklusI Imenggunakamna teriR eaksIi nti danT eknologNi uklir. Subyekp enelitiana dalahsiswak elasI I-8 SMAN 2 Malang.P engumpuladna tam enggunakatenk nikwawancarao,b servaspi,r a-tesd anp asca-tesa,n gkedt anc atatanla panganT. ahaptahapdalamp enelitianin i meliputit ahapp rap enelitianp, elaksanaatinn dakan,analisisd atad anp elaporanh asilp enelitianT. eknika nalisisd atay angd igunakanadalahre duksdi ata,p aparand ata,p enarikank esimpuland,a nr efleksi.Berdasarkahna sila nalisisd atad anp embahasadna patd isimpulkanb ahwapembelajarakno operatimf odelS TADy angd iterapkand apatm eningkatkamn otivasidanh asilb elajarf isika siswa.P eningkatamn otivasib elajarf isika siswad apatd ilihatdarip eningkatasnk orm otivasis ebelump emberianti ndakand ans esudaphd mberiantindakany, aitu:s kors ebelumti ndakan3 .63d ans esudathin dakan3 ,77.J adi,t erjadipeningkatamn otivasis ebesa0r, 14a tau2 ,8 %. Peningkatahna silb elajarf isikad apatdilihatd arip eningkatasnk orr ata-ratap asca-tesP.a das iklusI skorr ata-ratap asca-tesadalah5 3,51s edangkapna das iklusI I sebesa6r 2,22.Dengadne mikiant edadipeningkatasnk orr ata-ratap asca-tesse besa8r, 71% .Secarau mum sarand alam penelitiani ni adalahs ebaiknyag uru mencobamenerapkapne mbelajarank ooperatif model STAD. Hal ini karenam odelpembelajaratenr sebutm erupakans alahs atum odel pembelajarany ang dapat