Penggunaan media specimen pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonagung 06 Malang / Dyah Purwahyuni
Main Author: | Purwahyuni, Dyah |
---|---|
Other Authors: | 1. HERU AGUS TRI WIDJAJA ; 2. SUKAMTI |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi S1 PGSD
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=44442 |
Daftar Isi:
- Kata Kunci: Media Specimen, Hasil Belajar, IPAHasil observasi awal di SDN Kebonagung 06 Malang ditemukan bahwapembelajaran IPA kelas IV pokok materi struktur akar dan fungsinya, guru masihmenggunakan metode konvensional dan jarang menggunakan media. Hasil belajarsiswa rata-rata masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pratindakan yaitu 49,5 dan masih terdapat 42 siswa (91,30%) belum mencapaiketuntasan belajar individu yang telah ditetapkan yaitu 65. Selain itu juga dapatdiketahui bahwa rata-rata kelas nilai UTS IPA pada semester gasal 2009 sebesar59 yang juga masih jauh dari KKM yang ditentukan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penggunaan mediaspecimen pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Kebonagung 06 Malang, (2)peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan media specimen, (3)keaktifan siswa ketika pelaksanaan pembelajaran materi struktur akar danfungsinya dengan media specimen dan (4) mendeskripsikan tanggapan siswa kelasIV SDN Kebonagung 06 Malang mengenai pelaksanaan pembelajaran materistruktur akar dan fungsinya dengan media specimen.Penelitian ini dilakukan di SDN Kebonagung 06 Malang dengan subyeksiswa kelas IV sebanyak 46 siswa yang terdiri dari 19 putra dan 27 putri.Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)yang dikembangkan oleh Kemmis & Mc. Taggart, meliputi empat tahap yaitu 1)planning, 2) acting & observing, 3) reflecting dan 4) revise plan. Sedangkanteknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara,dokumentasi dan tes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media specimen padapembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Kebonagung 06 Malang dapatdilaksanakan dengan baik, dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari duapertemuan. Hal ini terbukti pada setiap siklus seluruh indikator dapat tercapaidengan baik sesuai RPP yang dibuat. Penggunaan media specimen juga dapatmeningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari rata-rata sebelumnya yaitu69 dengan ketuntasan belajar kelas 65,22% pada siklus I meningkat menjadi 79dengan ketuntasan belajar kelas sebesar 89,13% pada siklus II. Selain itu,penggunaan media specimen juga terbukti meningkatkan keaktifan siswa dalampembelajaran berlangsung. Dalam hal ini siswa juga memberikan tanggapanpositif, yaitu mereka merasa senang dalam mengikuti pembelajaran dan lebihmudah memahami materi yang diajarkan.Saran yang dapat diberikan oleh peneliti dalam upaya peningkatan mutupendidikan di SD adalah guru dapat menggunakan media specimen pada materiatau mata pelajaran lain. Selain itu, penelitian ini dapat digunakan sebagai bahanpertimbangan penelitian-penelitian lain agar menjadi lebih baik di kemudian hari.