Penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) model inkuiri untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas II semester I SMU Laboratorium UM tahun pelajaran 2003/2004 oleh Yuni Haryati
Main Author: | Haryati, Yuni |
---|---|
Other Authors: | 1. SUMARJONO ; 2. PARNO |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas negeri Malang. Jurusan Fisika
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=44362 |
Daftar Isi:
- Berdasarkaonb servasai wald anw awancarad engang uruf isika di sMULaboratoriumU M rata-ratap restasbi elajarf isika siswak etikak elasI adalah5 ,62'Hasilt ersebumt asihm enunjukkana ngkay angr elatif rendah.A dapunm etodebelajarm engajayr angd ilakukans elamai ni adalahc eramaldt and emonstrasDi. arthasiip engamatadni temukanb ahwak eterampilans iswau ntukt erlibatl angsungdengana iat percobaanr endah,k eingintahuans iswa terhadapk ejadianp adadem-onstrasai'nd percobaamn asihr endahs ehinggas ikapi lmiah siswat idak dapatdikembangkanU.n tuk itu perlu dicobap embelajarabna rud enganp endekatanpembelaja:rakno ntekstua(lC TL) modeli nkuiri. Melalui penelitianin i, dikajiapakahs ikapi tmiahd an prestasbi elajarf isika siswam eningkats ebagadi ampakdarip endekatapne mbelajarakno ntekstual?Penelitianin i bertujuanu ntukm engetahupi eningkatans ikapi lmiah danprestasbi elajars iswak elasi I-4 SMU LaboratoriumU M. Penelitianin idilaksanakaunn tukp okokb ahasanra ngkaianli strik aruss earahp adas emesteIrtahunp elajaran2 0031200d4i SMU LaboratoriumU M. Aspeks ikapi lmiah yangditeliti adalahk emarnpuabne rtanyak, emampuanb erpendapat/menjawabbe,r anibertanya,k eaklifan/keterlibatand alam prosesb elajar, menghargapi endapaot ranglain, memiliki rasa ingin tahu dan kejujuran dalam mengambil data'Penelitianin i menggunakapne ndekataknu alitatif denganje nis penelitiantindakank elas( C/asrro omA ctiortR esearcltm) elalui3 siklust indakan Tindakanyangd iberikand alamp enelitiani ni adalahp embelajarakno ntekstuadl enganmodel inkuiri yangt erdiri dari 4 tahap,y aitu tahapp engajuanm asalaht,a happenstrukturanm asalah,t ahapp engajuanh ipotesisd an tahapp elaksarraaneksperimen.Hasil penelitiand isimpulkanb ahwap adas iklusI persentasjuem lah rataratasisway angm emenuhai speks ikapi lmiah 37,2 %, siklusI I 46,40/od ans ikluslII62Vos ecarau mums ikapi lmiah selamap embelajaramn eningkatP. adaa spekkognitif prestasbi elajarf isika siswa,t erjadip eningkatann ilai rata-rctayarlgdiperolehs iswa.s iklus I dengann ilai rata-rata77,8l padas iklusI I mengalamipenurunand engann ilai rata-rata7 0,14k emudianm eningkamt enjadi8 0,1p adasiklus III.