Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema ion untuk siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Malang / Purwaning Handayani

Main Author: Handayani, Purwaning
Other Authors: 1. SUPRIYONO KOES HANDAYANTO ; 2. PARLAN
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Fisika , 2010
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=43329
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHandayani, Purwaning. 2010. Pengembangan Paket IPA Terpadu BerbasisKonstruktivisme dengan Tema Ion untuk Siswa Kelas IX di SMP Negeri 1Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika FMIPAUniversitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Supriyono Koes H.,M.Pd., M.A., (2) Drs. Parlan, M.Si.Kata kunci: IPA Terpadu, konstruktivisme, tema ion.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentangStandar Isi menyatakan secara tegas bahwa substansi mata pelajaran IPA untukSMP/ MTs merupakan IPA terpadu. Di lain pihak, hasil survei terhadap guru IPASMP di Malang Raya menunjukkan bahwa kebutuhan terhadap paket IPA terpadubenar-benar mendesak. Sebanyak 94,6% guru menyatakan bahwa merekamembutuhkan paket IPA terpadu untuk pembelajaran IPA SMP. Hasilpangamatan di beberapa toko buku di Malang menunjukkan bahwa belumditemukan buku IPA SMP yang dirancang secara terpadu. Oleh karena itu,dilakukan penelitian dengan menyusun Paket IPA Terpadu beserta panduanpelaksanaan pembelajaran untuk guru. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahuikelayakan Paket dan Panduan Pelaksanaan Pembelajaran IPA Terpadu denganTema Ion di SMP Negeri 1 Malang.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakanlima langkah awal metode Borg dan Gall, yaitu studi pendahuluan, perencanaan,pengembangan bentuk awal produk, uji lapangan awal, dan revisi produk utama.Kelayakan diukur dengan menggunakan uji validitas oleh tim ahli materi (duadosen IPA) dan pengguna paket (dua guru IPA SMP Negeri 1 Malang). Selain itu,enam siswa SMP Negeri 1 Malang yang memiliki kemampuan tinggi, sedang danrendah diminta untuk membaca paket, kemudian menandai kata-kata sulit dankalimat yang belum dipahami. Hal ini dilakukan untuk mengetahui keterbacaanpaket oleh siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Paket IPA Terpadu dengan Tema Ionmemperoleh nilai rata-rata 3,75 yang berarti layak. Sedangkan PanduanPelaksanaan Pembelajaran IPA Terpadu memperoleh nilai rata-rata 3,65 yangberarti layak. Walaupun telah dinilai layak, Paket dan Panduan PelaksanaanPembelajaran IPA Terpadu dengan Tema Ion yang dihasilkan belum dapatdigunakan untuk pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil penelitian inidisarankan untuk melakukan penelitian pengembangan lebih lanjut terhadap PaketIPA Terpadu dengan Tema Ion dengan melakukan kajian eksperimen dan uji cobayang lebih luas, sehingga diperoleh paket dan panduan pelaksanaan yang terujivaliditasnya secara empiris dan siap digunakan.