Peningkatan hasil belajar matematika dengan pendekatan pakem pada siswa kelas IV SDN Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung / Nailul Fitriya

Main Author: Fitriya, Nailul
Other Authors: 1. M. ZAINUDDIN ; 2. WASIH
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi S1 PGSD , 2010
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=42433
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFitriya, Nailul. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Pendekatan PAKEM Pada Siswa Kelas IV SDN Sumberdadi 03 Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Program Studi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.Pembimbing : (I) Dr. HM. Zainudin, M.Pd., (II) Dra. Wasih DS, M.Pd.Kata kunci : hasil belajar, bilangan bulat, pendekatan PAKEMMatematika mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia. Dalam kesehariannya, segala tindakan dan tingkah laku manusia selalu berhubungan dengan matematika meskipun hanya sedikit. Kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan yang diutamakan dalam proses pendidikan di sekolah. Kegiatan pembelajaran matematika di SDN Sumberdadi 03 masih menggunakan model pembelajaran ekspositori. Siswa hanya menerima pengetahuan dari guru tanpa terlibat secara aktif untuk menemukan pengetahuan tersebut. Akibatnya banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal. Berdasarkan hasil observasi dari 26 siswa, nilai rata-rata untuk pelajaran matematika masih kurang yaitu 50,8 dan belum mencapai SKM. Karena itulah peneliti melakukan penelitian tindakan kelas untuk mencapai ketuntasan siswa dalam belajar sesuai dengan SKM yang ditetapkan dalan KTSP SDN Sumberdadi 03. Tindakan yang dilakukan adalah dengan menerapkan pendekatan PAKEM.Penelitian dirancang dengan menggunakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian tindakan kelas. Tahapan penelitian dilakukan menurut tahap yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart. Subjek peneliti berjumlah 26 siswa. Data yang diambil adalah data tentang hasil belajar siswa, keterlaksanaan pendekatan PAKEM, kegiatan mengajar guru, dan respon siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan angket. Teknik analisa data dilakukan setelah pelaksanaan tindakan pada setiap siklus. Analisa data merupakan proses menyeleksi, menyederhanakan, memfokuskan, mengabstrasikan, dan mengorganisasi data secara sistematik dan rasional untuk menyusun jawaban terhadap tujuan penelitian. Untuk hasil belajar digunakan SKM sebagai standar ketuntasan siswa dalam belajar.Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: hasil belajar siswa berupa pemahaman konsep secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus I 42,30% dan siklus II 88,46%. Keterlaksanaan pendekatan PAKEM dalam kegaiatan pembelajaran juga mengalami peningkatan dari siklus I 30,76% dan siklus II 92,30%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan PAKEM dapat memberikan peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan agar guru mencoba menerapkan pendekatan PAKEM untuk membantu mengatasi kesulitan siswa, sedangkan untuk peneliti lain diharapkan dapat menyempurnakan penelitian ini dengan menerapkannya pada ruang lingkup yang lebih luas.