Pengaruh motivasi, persepsi, dan kelas sosial terhadap proses pengambilan keputusan pembelian laptop merek "ACER" (Studi kasus pada mahasiswa jurusan S1 manajemen fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang) / Novika Listiharini
Main Author: | Listiharini, Novika |
---|---|
Other Authors: | 1. AGUS HERMAWAN ; 2. TITIS SHINTA DHEWI |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Jurusan Manajemen
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=41955 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKListiharini, Novika. 2010. Pengaruh Motivasi, Persepsi, dan Kelas Sosial Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi, jurusan Manajemen FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Hermawan, M.Si., M.Bus (II) Titis Shinta Dhewi, S.P., M.MKata Kunci: Motivasi, Persepsi, Kelas Sosial, Proses Pengambilan Keputusan PembelianSalah satu merek yang paling digemari oleh sebagian konsumen adalah laptop merek Acer. Acer merupakan salah satu merek laptop yang banyak digunakan oleh konsumen terutama para pelajar dan mahasiswa. Dengan adanya persaingan antar produsen laptop akan membuat konsumen benar-benar selektif dalam proses pengambilan keputusan pembelian, yang kemudian mengharuskan produsen mempertimbangkan beberapa faktor, diantaranya faktor motivasi, persepsi, dan kelas sosial konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kondisi motivasi, persepsi, dan kelas sosial pada mahasiswa jurusan S1 manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dalam proses pengambilan keputusan pembelian laptop merek Acer; (2) untuk mengetahui pengaruh faktor motivasi, persepsi, dan kelas sosial secara simultan terhadap proses pengambilan keputusan pembelian mahasiswa jurusan S1 manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dalam membeli laptop merek Acer; (3) untuk mengetahui pengaruh faktor motivasi, persepsi, dan kelas sosial secara parsial terhadap proses pengambilan keputusan pembelian mahasiswa jurusan S1 manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dalam membeli laptop merek Acer; (4) dan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh dominan terhadap proses pengambilan keputusan pembelian mahasiswa jurusan S1 manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dalam membeli laptop merek Acer.Variabel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Untuk variabel bebasnya (X) yang terdiri dari variabel motivasi (X1), persepsi (X2) dan kelas sosial (X3). Sedangkan variabel terikatnya adalah variabel proses pengambilan keputusan pembelian (Y). Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional, sedangkan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan S1 manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang sedang dan pernah menggunakan laptop merek Acer dengan sampel berjumlah 130 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan metode accidental sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner sedangkan skala yang digunakan adalah skala likert dengan lima opsi pilihan jawaban. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel motivasi terhadap proses pengambilan keputusan pembelian produk laptop merek Acer pada mahasiswa jurusan S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yaitu sebesar 1,429; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel persepsi terhadap proses pengambilan keputusan pembelian produk laptop merek Acer pada mahasiswa jurusan S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yaitu sebesar 5,217; (3) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kelas sosial terhadap proses pengambilan keputusan pembelian produk laptop merek Acer pada mahasiswa jurusan S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yaitu sebesar -0,377; (4) ada pengaruh antara variabel motivasi, persepsi, dan kelas sosial secara simultan terhadap proses pengambilan keputusan pembelian produk laptop merek Acer pada mahasiswa jurusan S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yaitu sebesar 15,683; (5) variabel persepsi merupakan variabel yang dominan mempengaruhi proses pengambilan keputusan pembelian produk laptop merek Acer pada mahasiswa jurusan S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Nilai Adjusted R Square dalam penelitian ini sebesar 0,255 yang berarti bahwa 25% keputusan pembelian produk laptop merek Acer pada mahasiswa jurusan S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. dipengaruhi oleh motivasi, perepsi, dan kelas sosial.Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor motivasi, persepsi, dan kelas sosial memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian produk laptop merek Acer pada mahasiswa jurusan S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Oleh karena itu perlu disarankan adanya pertimbangan dan evaluasi terhadap faktor motivasi, persepsi, dan kelas sosial agar tetap mampu mempertahankan konsumen serta dapat menarik konsumen baru dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Disamping itu, untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti faktor lain diluar faktor motivasi, persepsi, dan kelas sosial yang juga berpengaruh terhadap proses pengambilan keputusan pembelian laptop merek Acer.