Penerapan metode pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Asembagus Situbondo / Irma Nur Alfiah Yasin

Main Author: Yasin, Irma Nur Alfiah
Other Authors: 1. PRIH HARDINTO ; 2. AGUS SUMANTO
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi , 2010
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=41942
Daftar Isi:
  • Yasin, Irma Nur Alfiah. 2009. Penerapan Metode Pembelajaran KooperatifDalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar PadaMata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 1 AsembagusSitubondo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan EkonomiPembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Drs. Prih Hardinto, M.Si (II) Agus Sumanto, SE., M.SAKata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Teknik Contoh, Berpikir Kritis.Upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ekonomisiswa dalam penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode pembelajarankooperatif. Pembelajaran kooperatif yang digunakan adalah teknik penggunaancontoh-contoh dapat berupa kasus atau gambar yang relevan sesuai KompetensiDasar. Dengan teknik ini siswa dirangsang untuk menganalisa gambar danmemberikan kesimpulan mengenai gambar atau contoh yang ditayangkansehingga siswa terangsang berpikir kritis.Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan danmenganalisis efektifitas penerapan metode pembelajaran kooperatif dalammeningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada mata pelajaranekonomi siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Asembagus Situbondo. Penerapanmetode pembelajaran kooperatif dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dariempat kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembarobservasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi.Dari analisis data diperoleh hasil bahwa metode pembelajaran kooperatifdapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa menurut indikatorpeningkatan persentase seluruh aspek kemampuan berpikir kritis siswa yangdiamati yaitu 53,21% dengan kategori cukup pada siklus I meningkat menjadi66,36% dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan sebesar 14,15%.Penerapan metode pembelajaran kooperatif juga dapat meningkatkan hasil belajarsiswa, dimana siklus I ditinjau dari aspek kognitif setelah tindakan rata-ratasebesar 81,25% dan pada siklus II menjadi 83,37% dan mengalami peningkatansebesar 3,12%.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan metodepembelajaran kooperatif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis padamata pelajaran ekonomi siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Asembagus Situbondo.(2) penerapan metode pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajarpada mata pelajaran