Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif group investigation (GI) kelas X-B SMA Widia Gama Malang / Atus Pandua
Main Author: | Pandua, Atus |
---|---|
Other Authors: | 1. SOEDJONO BASOEKI ; 2. NUNING WULANDARI |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Biologi
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=41765 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPandua, Atus. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Kelas X-B SMA Widya Gama Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Soedjono Basoeki, M.Pd (II) Nuning Wulandari, S.Si., M.SiKata kunci: Group Investigation (GI), Motivasi, dan Hasil Belajar.Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa pembelajaran Biologi di kelas X-B Widya Gama Malang terdapat beberapa masalah dari siswa antara lain: Ketika pembelajaran berlangsung siswa banyak yang gaduh, tidak memperhatikan penjelasan guru, berbicara dengan teman sebangkunya, bahkan ada yang bermain Hand Phone, hal itu menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa masih kurang. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih bersifat ceramah, dan jarang melakukan diskusi dan kegiatan praktikum bersama, hanya penugasan LKS dan merangkum. Guru mengacu pada teori dan kurang mengaitkan materi pelajaran dengan lingkungan sekitar siswa, sehingga guru kurang menarik minat dan perhatian siswa. Kurangnya variasi ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dimana setiap tes selalu ada siswa yang tidak tuntas belajar di kelas jumlahnya ≥ 50% jumlah siswa di kelas. Berdasarkan kondisi tersebut maka dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk: Meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas SMA Widya Gama Malang. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 7 November-21 Desember 2009. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-B Widya Gama Malang tahun ajaran 2009/2010. Peneliti sebagai pengelola instrumen, perancang tindakan dan guru. Dalam penelitian ini, prosedur pengumpulan data diperoleh melalui: observasi motivasi siswa dalam model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI), pemberian tes yang dilaksanakan setiap akhir siklus, dan pengisian angket motivasi siswa. Tahap-tahap penelitiannya meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang pelaksanaannya disesuaikan dengan Group Investigation (GI).Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I dengan rerata 74,2% menjadi 92,1 % pada siklus II, terdapat peningkatan sebesar 17,9%. dan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 23,08%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif GI (Group Investigation) dapat meningkatkan motivasi, dan hasil belajar biologi siswa X-B Widya Gama Malang. Saran dari penelitian ini adalah hendaknya sebaiknya ketika menerapkan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) guru lebih memberi bimbingan dan memperhatikan penggunaan waktu. berdasarkan hasil penelitian ini, sebaiknya digunakan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) untuk mengatasi masalah rendahnya motivasi, dan hasil belajar. dan penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi guru bidang studi ataupun peneliti yang lain untuk menerapkan metode dan pendekatan tersebut.