Pengaruh kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar dari persepsi siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 8 Malang / Ika Yulifatun Nadifah

Main Author: Nadifah, Ika Yulifatun
Other Authors: 1. J.G. NIRBITO ; 2. AGUS SUMANTO
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendiikan Ekonomi dan Koperasi , 2010
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=41384
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNadifah, Ika Yulifatun. 2009. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar dari Persepsi Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 8 Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, UM. Pembimbing (1) Prof. Dr. J.G Nirbito, M.Pd (2) Agus Sumanto SE, M.SAKata Kunnci: Kompetensi pedagogik guru, motivasi belajar, Prestasi belajar siswa.Kompetensi pedagogik yaitu kemampuan mengelola pembelajaran. Ini mencakup konsep kesiapan mengajar yang ditunjukkan oleh penguasaan pengetahuan dan ketrampilan mengajar. Kompetensi ini harus dimiliki setiap guru agar tercapai keberhasilan dalam belajar. Selain kompetensi pedagogik guru, motivasi belajar juga merupakan faktor dari keberhasilan belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siaswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yaitu mengambarkan kegiatan penelitian yang dilakukan objek tertentu secara jelas dan sistematis dengan menggunakan data statistik. Penelitian ini dilakukan di SMPN 8 Malang pada bulan Desember 2009. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang diajar guru yang sama yang berjumlah 68 siswa. Untuk memperoleh data tentang kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar digunakan teknik angket yang diukur dengan skala Likert. Sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh dari dokumen sekolah yang berupa nilai ulangan tengah semester.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji hipotesis menunjukkan adanya pengaruh secara simultan antara kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 8 Malang. Hal ini ditunjukkan oleh persamaan regresi koefisien Y = 57.36+ 0.135 X1 + 0.434 X2,dari persamaan regresi tersebut dapat diartikan dengan adanya peningkatan kompetensi pedagogik guru sebesar satu satuan maka prestasi belajar siswa akan meningkat sebesar 0,135 dan motivasi belajar siswa akan meningkat sebesar 0,434. Sedangkan konstanta sebesar 57,36 artinya jika kompetensi pedagogik guru (X1) dan motivasi belajar siswa (X2) nilainya 0, maka prestasi belajar siswa (Y) nilainya adalah 57,36.dan juga dapat dilihat dari nilai F = 7.257 pada &#945; 5% dan diperoleh dari probabilitas (p) sebesar 0,001 sehingga p < 0,05 menunjukkan adanya pengaruh sehingga variabel terikat prestasi belajar dapat di pengaruhi oleh dua variabel bebas yaitu kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar. Besar R square adalah 0,183, hal ini berarti 18% perubahan variabel y disebabkan oleh kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa sedangkan sisanya 82% disebabkan oleh faktor diluar perubahan variabel x1 dan x2. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS maka kompetensi pedagogik dan motivasi belajar harus ditingkatkan. Dikarenakan dari hasil penelitian terbukti bahwa prestasi belajar cukup dipengaruhi oleh kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar.