Pengaruh persepsi produk, pengalaman belajar, dan sikap terhadap keputusan pembelian laptop ACER (Studi pada konsumen Laptop Acer di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Malang) / Dini Rahmawati

Main Author: Rahmawati, Dini
Other Authors: 1. Adi Atmoko 2. Anies Syafitri
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Psikologi , 2010
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=41336
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRahmawati, Dini. 2009. Pengaruh Persepsi Produk, Pengalaman Belajar, dan Sikap Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Acer (Studi pada Konsumen Laptop Acer di Kalangan Mahasiswa Universitas Negeri Malang). Skripsi, Program Studi Psikologi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Adi Atmoko, M.Si (II) Anies Syafitri, M.Psi, Psikolog.Kata kunci: persepsi produk, pengalaman belajar, sikap , keputusan pembelianKeputusan konsumen dalam membeli suatu produk dipengaruhi oleh faktor psikologis diantaranya persepsi produk, pengalaman belajar, dan sikap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kelayakan model regresi yang diajukan, 2) pengaruh persepsi produk terhadap keputusan pembelian, 3) pengaruh pengalaman belajar terhadap keputusan pembelian, 4) pengaruh sikap terhadap keputusan pembelian, 5) pengaruh persepsi produk, pengalaman belajar, dan sikap secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian laptop Acer pada mahasiswa Universitas Negeri Malang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Malang yang menjadi konsumen laptop Acer. Sampel yang digunakan sebanyak 50 dan ditentukan dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling.. Instrumen penelitian terdiri dari skala persepsi produk, pengalaman belajar, sikap, dan skala keputusan pembelian. Reliabilitas instrumen penelitian diperoleh sebesar 0.922 dengan rentangan koefisien validitas 0,256-0,695. Data hasil penelitian di analisis dengan teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) seluruh model regresi yang diajukan telah layak dengan signifikasi F seluruhnya <0,05, 2) ada pengaruh persepsi produk terhadap keputusan pembelian sebesar R2 = 0,355, 3) ada pengaruh pengalaman belajar terhadap keputusan pembelian sebesar R2 = 0,455, 4) ada pengaruh sikap terhadap keputusan pembelian sebesar R2 = 0,567, 5) pengaruh persepsi produk, pengalaman belajar, dan sikap secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian sebesar R2 = 0,625. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada: 1) perusahaan laptop Acer sebaiknya lebih mengaplikasikan teori-teori psikologi untuk mempengaruhi perilaku konsumen. Acer dapat meningkatkan persepsi konsumen, pengalaman belajar, dan membentuk sikap konsumen semakin positif terhadap produknya dengan melakukan inovasi produk yang lebih membuat konsumen muda terkesan, melakukan iklan yang menarik di berbagai media, melakukan pameran produk laptop Acer di kampus-kampus, sehingga konsumen lebih mengenal produk dan memahami kelebihan-kelebihan yang dimiliki produknya, (2) peneliti selanjutnya yang tertarik untuk meneliti perilaku konsumen khususnya keputusan pembelian bisa memperbaiki kekurangan dengan menambah subyek yang lebih luas seperti meneliti beberapa universitas dan meneliti variabel bebas lain yang diduga juga memberi pengaruh terhadap keputusan pembelian seperti kepribadian atau variabel harga.