Pengaruh atribut produk terhadap proses keputusan pembelian (Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang membeli dan menggunakan telepon seluler Nokia) / Garry Chrysanta
Main Author: | Chrysanta, Garry |
---|---|
Other Authors: | 1. DJOKO DWI KUSUMAJANTO ; 2. TITIS SHINTA DHEWI |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Manajemen
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=41050 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKChrysanta, Garry. 2009. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Proses KeputusanPembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas NegeriMalang yang Membeli dan Menggunakan Telepon Selular Nokia). Skripsi,Jurusan Manajemen Konsentrasi Pemasaran Fakultas Ekonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto, M.Si (II)Titis Shinta Dhewi, S.P, M.M.Kata kunci: Atribut Produk, Proses Keputusan PembelianSalah satu kemajuan teknologi pada saat ini adalah terdapat pada bidangkomunikasi yang ditandai dengan adanya berbagai macam alat komunikasi yangdiciptakan untuk memudahkan sistem komunikasi bagi masyarakat dan salahsatunya adalah telepon selular. Agar dapat lebih bersaing dengan produsenprodusentelepon selular yang lain, maka produsen telepon selular harusmenetapkan strategi-strategi pemasaran yang jitu agar dapat memenangkanpersaingan serta mampu mempertahankan market share yang telah diraih agartidak direbut oleh para pesaing yang mulai memasuki pasar Indonesia salahsatunya adalah dengan mengembangkan atribut produk. Sedangkan tujuan daripenelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran keadaan atribut produk danproses keputusan pembelian, mengetahui pengaruh variabel atribut produk secaraparsial terhadap proses keputusan pembelian, mengetahui pengaruh atribut produksecara simultan terhadap proses keputusan pembelian konsumen yaitu mahasiswaFakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang membeli dan menggunakantelepon selular Nokia.Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebasyakni Atribut Produk (X) yang terdiri dari variabel Harga (X1), Merek (X2), Mutu(X3), Desain (X4), dan Garansi (X5). Sedangkan variabel terikatnya adalahvariabel Proses Keputusan Pembelian (Y).Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan modelpenelitian survey, sedangkan populasi yang digunakan adalah mahasiswa FakultasEkonomi Universitas Negeri Malang yang Membeli dan Menggunakan Teleponselular Nokia. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 120 responden yangdipilih secara accidental sampling. Dengan instrumen yang digunakan adalahangket atau kuesioner.Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas konsumen menjawabsetuju terhadap keadaan atribut produk dan proses keputusan pembelian teleponselular Nokia, terdapat pengaruh secara parsial antara atribut produk terhadapproses keputusan pembelian telepon selular Nokia pada mahasiswa FakultasEkonomi Universitas Negeri Malang, terdapat pengaruh secara simultan antaravariabel atribut produk yang terdiri dari Harga (X1), Merek (X2), Mutu (X3),Desain (X4), dan Garansi (X5) terhadap proses keputusan pembelian teleponselular Nokia pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, danvariabel Merek (X2) merupakan variabel atribut produk yang memiliki pengaruhdominan terhadap proses keputusan pembelian telepon selular Nokia padamahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.iiDari hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa variabel atributproduk sangat efektif digunakan sebagai salah satu faktor yang dapatmeningkatkan proses keputusan pembelian telepon selular Nokia pada mahasiswaFakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Sehingga perlu adanya perbaikandan perhatian khusus terhadap variabel-variabel tersebut terutama untuk variabelmutu karena mutu merupakan variabel atribut produk yang memiliki pengaruhpaling lemah terhadap proses keputusan pembelian telepon selular Nokia padamahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.