Penerapan media teka-teki silang untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas 5 SDN Lebakrejo 03 Purwodadi Pasuruan / Setyo Budi Hartanto
Main Author: | Hartanto, Setyo Budi |
---|---|
Other Authors: | 1. TOHA MASHUDI ; 2. MURTININGSIH |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi S1 PGSD
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=40890 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHartanto, Setyo Budi . 2009. Penerapan Media Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa kelas 5 SDN Labakrejo 03 Purwodadi, Pasuruan. Skripsi, Prodi PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Toha Mashudi, S.Pd, M. Pd (II) Dra. Hj. Murtiningsih, M.Pd,Kata Kunci : Media Teka-Teki Silang, Hasil Belajar, IPS SDBerdasarkan observasi awal siswa kelas V SDN Lebakrejo 03 Puwodadi, Pasuruan ditemukan beberapa permasalahan pada pembelajaran IPS materi Keanekaragaman Suku dan Budaya Indonesia , yaitu: (1) siswa kurang tertarik pada pelajaran; (2) siswa cenderung pasif dalam pembelajaran; (3) siswa merasa bosan untuk belajar; (4) rendahnya hasil belajar siswa. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran tidak menggunakan media, guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga guru berperan aktif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut perlu diadakan pembaharuan dalam hal media pembelajaran. Media pembelajaran yang sesuai adalah Media Teka-Teki Silang, yaitu suatu permainan di mana harus mengisi ruang-ruang kosong (berbentuk kotak-kotak) dengan huruf sehingga berbentuk sebuah kata sesuai dengan petunjuk. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan media Teka-Teki Silang dalam pembelajaran Keragaman Suku dan Budaya Indonesia kelas V SDN Lebakrejo 03 Puwodadi, Pasuruan; (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Keragaman Suku dan Budaya Indonesia dengan diterapkannya media Teka-Teki Silang di kelas V SDN Lebakrejo 03 Puwodadi, Pasuruan.Rancangan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah PTK ini dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi dan perbaikan rencana. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Lebakrejo 03 Puwodadi, Pasuruan yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Teka-Teki Silang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Lebakrejo 03 Puwodadi, Pasuruan. Perolehan rata-rata hasil belajar siswa meningkat, dari rata-rata pra tindakan ke siklus I sebesar (3,88) dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar (10,06) dengan ketuntasan belajar sebesar (92,60%). Peningkatan aktivitas siswa dari siklus 1 ke siklus 2 untuk kompenen visual activities (14,81), oral activities (33,33%), listening activities (5,56%), writing activities (16,67%)mental activities (18,51%), emotional activities (14,81%).Berdasarkan hasil penilitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan media Teka-Teki Silang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Lebakrejo 03 Puwodadi, Pasuruan. Disarankan agar guru dapat menciptakan variasi dalam pembelajaran dan dapat menerapkan media Teka-Teki Silang pada materi lain yang sesuai.