Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Pangkur, Kabupaten Ngawi / Heni Sutarsih
Main Author: | Sutarsih, Heni |
---|---|
Other Authors: | 1. SUNARMI ; 2. FATHURRAHMAN |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Biologi
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=40646 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSutarsih, Heni. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Pangkur Kabupaten Ngawi. Skripsi, Jurusan Biologi, Program Studi: Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sunarmi, M.Pd dan (II) Drs. H. Fathurrachman, M.Si.Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together (NHT), Motivasi Belajar, Hasil Belajar.Berdasarkan observasi dan hasil wawancara dengan guru bidang studi Biologi kelas VIIA di SMP Negeri 1 Pangkur, Kabupaten Ngawi diperoleh informasi bahwa motivasi dan hasil belajar sebagian besar siswa kelas VIIA dalam mata pelajaran Biologi tergolong masih rendah yaitu sekitar 80% dari jumlah siswa kelas VIIA. Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan masih menggunakan panduan buku paket dan LKS yang disusun oleh tim guru. Kegiatan praktikum hanya dilakukan sesekali saja sehingga siswa cenderung pasif. Hal ini ditunjukkan oleh jumlah siswa yang menjawab maupun bertanya pada guru hanya sekitar 5 orang atau sekitar 12% dari total siswa selebihnya hanya mendengarkan penjelasan guru. Pembelajaran masih terpusat pada guru (teacher centered). Pembelajaran yang terpusat pada guru kurang membangkitkan motivasi belajar siswa karena siswa tidak dilibatkan dalam proses pembelajaran yang maksimal. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang sering mengikuti remidi karena skor yang diperoleh kurang memenuhi Standar Ketuntasan Minimum (SKM) sebesar 65 yang ditetapkan SMP Negeri 1 Pangkur. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Strategi pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Pangkur melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 18 Mei 2009 sampai dengan tanggal 27 Mei 2009. Data penelitian berupa motivasi belajar siswa diperoleh melalui observasi selama penelitian, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes di setiap akhir siklus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 50,52% yang termasuk dalam kategori kurang, sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 68,46% yang termasuk dalam kategori cukup. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan persentase sebesar 17,94%. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pada siklus I persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 73,81%, sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 88,095%. Ketuntasan belajar secara klasikal mengalami peningkatan persentase sebesar 14,29%.Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Pangkur, Kabupaten Ngawi.