Peningkatan keaktifan dan prestasi belajar matematika melalui pendekatan pakem pada siswa kelas III B SDN Kauman 1 Kota Malang / Ahmad Sodikin

Main Author: Sodikin, Ahmad
Other Authors: 1. HERU AGUS TRI WIDJAJA
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Melalui Jalur Pendidikan , 2009
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=39391
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas III pada waktu pembelajaran Matematika adalah sebagai berikut: (1) guru menunjukkan contoh-contoh pengerjaan bilangan secara langsung dan cepat di papan tulis tanpa memberitahukan tahapan-tahapan pengerjaannya dan kemudian siswa diberikan soal latihan, (2) siswa belum paham betul materi sebelumnya, (3) siswa jarang sekali bertanya pada guru tentang materi yang belum mereka kuasai, (4) tidak tampak siswa mengungkapkan gagasannya, (5) suasana belajar yang tercipta di dalam kelas kurang menyenangkan dan beberapa siswa terlihat tegang dalam menerima pelajaran. Berdasarkan pengalaman yang dilakukan terhadap proses pembelajaran matematika yang berlangsung diperoleh hasil yang kurang memuaskan, yaitu dari 30 siswa hanya 8 siswa saja yang nilainya dapat mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal) atau > 61,79, sedangkan 22 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau < 61,79. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan tercapainya tujuan pembelajaran dalam matapelajaran matematika perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan PAKEM.Penelitian ini bertujuan untuk: (1)mengetahui dan mendeskripsikan penerapan pendekatan PAKEM pada mata pelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas III, (2)mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas III. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif jenis penelitian tindakan kelas dengan model kolaboratif partisipatoris. Subyek penelitian adalah siswa kelas III. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar) dan guru kelas (mitra peniliti) sebagai observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PAKEM pada matapelajaran matematika di kelas III sudah sangat baik. Hal ini didukung dengan sudah munculnya semua aspek/komponen PAKEM pada saat pembelajaran berlangsung. Hal itu juga diikuti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang sangat baik pula. Persentase ketuntasan belajar siswa pada pratindakan adalah 26,67%, pada siklus I adalah 86,67% dan pada siklus II adalah 100%.Berdasarkan hasil kesimpulan disarankan kepada guru kelas III SDN Kauman 1 untuk menggunakan pendekatan PAKEM pada pembelajaran matematika agar hasil belajar siswa optimal dan siswa aktif dalam pembelajaran.