Hubungan antara kemampuan Komunikasi persuasif tutor dengan prestasi warga belajar program pendidikan keaksaraan fungsional di desa Rejosari Kecamatan Bantur Kabupaten Malang / Citra Wahyu Pusparini

Main Author: Pusparini, Citra Wahyu
Other Authors: 1. SUCIPTO ; 2. NURHADI MUSA
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Skripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah , 2010
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=36758
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPusparini, Citra Wahyu. Hubungan Antara Kemampuan Komunikasi Persuasif Tutor Dengan Prestasi Warga Belajar Program Keaksaraan Fungsional Di Desa Rejosari Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Sucipto, M.S, (2) Drs. Nurhadi Musa, M.Pd.Kata Kunci: Motivasi, prestasi, keaksaraan fungsionalDalam meningkatkan kualitas, kecakapan, dan kesejahteraan jasmani dan rohani penduduk Indonesia dibutuhkan penerapan prinsip-prinsip belajar sepanjang hayat. Adanya pelayanan pendidikan keaksaraan fungsional memungkinkan kelompok buta aksara yang ada di daerah perkotaan atau pedesaan mempunyai kesempatan untuk menguasai kemampuan pengetahuan keterampilan berkomunikasi, pengetahuan keterampilan belajar untuk hidup, dan pengetahuan keterampilan berproduksi. Percepatan buta aksara adalah suatu program kegiatan pemberantasan buta aksara yang pelaksanaannya dipercepat baik dari sisi waktu maupun jumlah sasaran, sehingga pada periode tertentu tidak ada lagi warga masyarakat penyandang buta aksara di suatu wilayah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan komunikasi persuasif tutor, (2) prestasi warga belajar, dan (3) hubungan antara kemampuan persuasif tutor dengan prestasi warga belajar keaksaraan fungsional.Populasi dalam penelitian ini adalah warga belajar program keaksaran fungsional yang berjumlah 300 orang dengan sampel total 75 orang. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, tenik anaisis data yang digunakan adalah prosentase dan regresi berganda yang diolah menggunakan komputer program SPSS.Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) antara kemampuan tutor dalam penggunaan bahasa dengan prestasi terdapat hubungan yang signifikan, hal ini dikarenakan t hitung = 2.763 > t tabel = 2.000, (2) antara kemampuan tutor dalam penggunaan media dengan prestasi terdapat hubungan yang signifikan, hal ini dikarenakan t hitung = 2.498 > t tabel = 2.000, (3) antara kemampuan tutor dalam penggunaan metode dengan prestasi tidak terdapat hubungan yang signifikan, hal ini dikarenakan t hitung = 0.223< t tabel = 2.000 Dari hasil penelitian disarankan pada: (1) tutor Dalam rangka meningkatkan prestasi warga belajar, yang ada kaitannya dengan kemampuan penggunaan bahsa, kemampuan penggunaan media, dan kemampuan penggunaan metode, maka tutor perlu meningkatkan kemampuannya, dengan demikian diharapkan peserta akan dapat menangkap dan menerima materi dengan baik. (2) Bagi Penyelenggara Program keaksaraan Fungsional hendaknya dalam merekrut calon tutor harus mempertimbangkan kemampuan penggunaan bahasa, media dan metode pembelajaran mereka sebagai calon tutor. (3) Bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengembangkan penelitian sejenis hendaknya dikembangkan dengan ruang lingkup yang lebih luas baik variabel ataupun populasinya. Dengan demikian dapat dijadikan acuan peneliti dimasa yang akan datang. (4) Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan kontibusi dalam bidang pengembangan pembelajaran keaksaraan fungsional