Perbedaan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII antara yang diajar dengan model siklus belajar dan yang diajar dengan model konvensional pada SMP Dharma Wanita Universitas Brawijaya Malang tahun pelajaran 2007/2008 / Baroroh Putri Kurnia
Main Author: | Kurnia, Baroroh Putri |
---|---|
Other Authors: | 1. SUMARJONO ; 2. ASIM |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Skripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Fisika
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=36739 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKurnia, Baroroh Putri. 2008. Perbedaan Prestasi Belajar Fisika Siswa kelas VIIIAntara yang Diajar dengan Model Siklus Belajar dan yang Diajardengan Model Konvensional pada Siswa SMP Dharma WanitaUnivesitas Brawijaya Malang Tahun Pelajaran 2007/2008. Skripsi,Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika FMIPA. UniversitasNegeri Malang.Pembimbing : (1) Drs. Sumarjono, (2) Drs. Asim, M.Pd.Kata kunci : Model Siklus Belajar (Learning Cycle), Prestasi Belajar.Pemilihan metode pembelajaran fisika yang tepat dapat berdampak positifterhadap prestasi belajar fisika siswa. Selama ini pembelajaran yang seringdigunakan khususnya di SMP Dharma Wanita Universitas Brawijaya adalahpembelajaran konvensional. Ternyata model konvensional memiliki perbedaanpada prestasi belajar fisika siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut makadilakukan penelitian dengan tujuan untuk menemukan efektifitas pembelajarandengan model Siklus Belajar (Learning Cycle) terhadap peningkatan prestasibelajar fisika siswa dibanding dengan pembelajaran konvensional pada siswakelas VIII SMP Dharma Wanita Universitas Brawijaya Malang.Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen semu (Quasi experiment)dengan rancangan Control Group Pretest Postest. Populasi penelitian ini adalahsiswa kelas VIII SMP Dharma Wanita Universitas Brawijaya Malang padasemester gasal tahun ajaran 2007/2008. Sampel dalam penelitian ini adalah 60siswa yaitu kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-B sebagai kelaseksperimen. Masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa. Ketika pelaksanaanpenelitian, kelompk eksperimen diajar dengan pembelajaran Model Siklus Belajar(Learning Cycle) dan kelompok kontrol diajar dengan pembelajaran modelkonvensional. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas, ujihomogenitas, dan uji kesamaan rata-rata pretest. Pengolahan data mengunakanprogram SPSS 13.0 for windows.Hasil analisis uji t postest diperoleh t hitung > t tabel yaitu 2,96>1,67 dengansig (2-tailed)<0,05 yaitu 0,004<0,05 berarti prestasi belajar fisika siswa kelas VIIISMP Dharma Wanita Universitas Brawijaya Malang yang diajar denganpembelajaran model Siklus Belajar lebih tinggi daripada siswa yang diajar denganpembelajaran konvensional. Dengan demikian pembelajaran model Siklus Belajar(Learning Cycle) memiliki perbedaan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMPDharma Wanita Universitas Brawijaya Malang pada pokok bahasan suhu dankalor.