Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) untuk meningkatkan kemampuan afektif dan kemampuan kognitif siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Malang / Astri Yulita Indah Sari

Main Author: Sari, Astri Yulita Indah
Other Authors: 1. ENDANG PURWANINGSIH ; 2. HARI WISODO
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Skripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Fisika , 2009
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=36700
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika di SMP Negeri 1 Malang, partisipasi siswa dalam kelompok pada saat diskusi dan respon siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan di kelas masih kurang. Selama ini guru melaksanakan pembelajaran dengan ceramah, diskusi, praktikum dan demonstrasi. Pada saat diadakan praktikum partisipasi siswa dalam kelompok masih kurang, sedangkan pada saat diskusi, siswa yang merespon pelajaran masih sedikit dan masih didominasi oleh beberapa siswa saja, siswa masih terlihat mengobrol dengan teman sebangkunya dan siswa yang lain mengerjakan tugas mata pelajaran yang lain. Hasil tes fisika pada semester gasal menunjukkan bahwa hanya 45% siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar, nilai standart ketuntasan sekolah yaitu 75. Berdasarkan hal tersebut dicoba model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan afektif dan kemampuan kognitif siswaLangkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe TPS yaitu (1) masing-masing siswa diberi sejumlah soal dan diberi waktu untuk mengerjakan secara individu, (2) pair (barpasangan), siswa secara kelompok (terdiri dari 2berpasangan) mendiskusikan hasil pekerjaannya masing-masing, (3) share (berbagi), salah satu kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya, kelompok lain menanggapinya.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek, tempat dan waktu penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Malang tahun ajaran 2007/2008 yang terdiri dari 40 siswa dan dilaksanakan tanggal 21 April- 28 Mei 2008. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah guru, siswa dan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan afektif siswa meningkat, ini terbukti semakin meningkatnya hasil yang diperoleh tiap siklus. Sedangkan kemampuan kognitifnya juga meningkat, dapat dilihat dari hasil nilai tes pemahaman (kuis) tiap siklusnya naik.