Penerapan model pembelajaran learning cycle 5 face dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segitiga di kelas VII SMP Negeri 21 Malang / Heny Fitri Yunita
Main Author: | Yunita, Heny Fitri |
---|---|
Other Authors: | 1. ASKURY ; 2. SUSISWO |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Skripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Matematika
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=36083 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKYunita, Heny Fitri. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5 Fase dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Segitiga di Kelas VII SMP Negeri 21 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Askury, M.Pd, (II) Drs. Susiswo, M.Si.Kata kunci: model pembelajaran Learning Cycle 5 fase, hasil belajar, segitiga.Dalam kehidupan sehari-hari segitiga sering digunakan misalnya: rambu-rambu lalu lintas, jam dinding, dll, Oleh karenanya pemahaman konsep terhadap materi segitiga sangatlah penting. Kenyataannnya, siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi segitiga. Kesulitan yang dialami mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada materi segitiga.Kesulitan siswa dalam memahami materi segitiga diduga karena kurang tepatnya strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru. Kurang tepatnya pemilihan strategi pembelajaran akan mempengaruhi hasil belajar siswa.Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segitiga di kelas VII SMP Negeri 21 Malang dilakukan dengan mengadakan penelitian menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase yaitu engagement, exploration, explanation, elaboration/extention, evaluation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segitiga di kelas VII SMP Negeri 21 Malang.Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk melaksanakan tindakan ini disusunlah rencara tindakan melalui 2 siklus.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan (1) hasil observasi aktivitas guru siklus I dengan persentase 87% yang mempunyai kategori sangat baik dan siklus II dengan persentase 91,33% yang mempunyai kategori sangat baik, sehingga terjadi peningkatan aktivitas guru, 2) hasil observasi aktivitas siswa siklus I dengan persentase 78,53% yang mempunyai kategori baik dan siklus II dengan persentase 84,71% yang mempunyai kategori baik, sehingga terjadi peningkatan aktivitas siswa. Keterlaksanaan pembelajaran dapat dilihat dari aktivitas guru dan siswa, 3) hasil belajar siswa meningkat hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata tes siswa pada setiap akhir siklus yaitu dari 82,14 menjadi 86,98. Karena itu dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran matematika model Learning Cycle 5 fase, hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang mengalami peningkatan dengan skor peningkatan nilai rata-rata tes 4,84.