Pengaruh atribut produk terhadap keputusan perpindahan merek (Brand Swithhing) Kartu seluler Indosat (Studi pada Mahasiswa S-1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Shohebur Rahman
Main Author: | Rahman, Shohebur |
---|---|
Other Authors: | 1. ERY TRI DJATMIKA R.W.W. ; 2. ITA PRIHATINING WILUJENG |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Skripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Jurusan Manajemen
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=36074 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRahman, Shohebur. 2008. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Brand Switching) Kartu Seluler Indosat (studi pada mahasiswa SI Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ery Tri Djatmiko RWW, M.A., M.Si. (II) Ita Prihatining Wilujeng,S.E., M.M.Kata Kunci: Atribut Produk, Keputusan perpindahan merekPerkembangan teknologi serta kondisi perekonomian dan perdagangan saat ini mengalami kemajuan pesat yang menyebabkan perusahaan-perusahaan berada dalam persaingan yang semakin tajam. Hal ini dilihat dari semakin banyaknya perusahaan memproduksi produk yang sejenis dengan kegunaan sama dan harga yang mudah dijangkau konsumen. Dalam hal ini mendorong perusahaan harus dapat mengembangkan suatu produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Pengembangan produk ini nantinya akan disampaikan kepada konsumen melalui atribut produk yaitu harga, mutu, merek, layanan dan garansi yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli. Dengan adanya perkembangan produk tersebut maka konsumen akan mempunyai banyak pilihan/variasi yang dapat dijadikan alternatif dalam melakukan keputusan pembelian. Dan strategi pengembangan produk tersebut dapat menciptakan perilaku variety seeking pada diri konsumen. Kenyataan seperti ini ternyata telah mendorong perilaku konsumen dalam proses keputusan perpindahan merek terhadap sejumlah produk termasuk dalam memilih sim card (kartu telepon)Penelitian ini berusaha untuk menjelaskan bagaimana sikap konsumen berkaitan dengan atribut produk kartu seluler Indosat serta pengaruhnya terhadap keputusan perpindahan merek. Penelitian ini mempunyai dua variabel, yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah atribut produk dalam harga, mutu, merek, fasilitas/layanan pendukung sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan perpindahan merek.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa SI Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang menggunakan kartu seluler Indosat. Dalam penelitian ini menggunakan 100 sampel dari jumlah populasi sebanyak 1322 responden. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda (multiple regression) dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS for Windows seri 12.0. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh positif yang signifikan atribut produk dalam harga terhadap keputusan Mahasiswa SI Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang untuk melakukan perpindahan merek. 2) Tidak ada pengaruh yang signifikan atribut produk dalam mutu terhadap keputusan Mahasiswa SI Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang untuk melakukan perpindahan merek 3) Ada pengaruh yang signifikan atribut produk dalam merek terhadap keputusan Mahasiswa SI Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang untuk melakukan perpindahan merek. 4) Tidak ada pengaruh yang signifikan atribut produk dalam fasilitas/layanan pendukung terhadap keputusan Mahasiswa SI Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang untuk melakukan perpindahan merek. 5) Secara simultan ada pengaruh yang signifikan antara harga, dan merek terhadap keputusan Mahasiswa SI Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang untuk melakukan perpindahan merek. 6) Harga merupakan variabel yang dominan mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan perpindahan merek. Hal ini disebabkan variabel harga memiliki Sumbangan Efektif (SE) terbesar yaitu 24.35%.Saran yang dapat dikemukakan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama penelitian adalah ditujukan kepada perusahaan Indosat, hendaknya lebih mengembangkan Atribut Produk terutama dalam hal harga dan merek sehingga konsumen akan tetap setia dalam menggunakan produk-produk Indosat, serta konsumen tetap puas dan tidak tertarik untuk berpindah ke merek lain yang harganya lebih murah.