Penerapan bauran promosi untuk meningkatkan jumlah nasabah pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Kota Branch Office / Masliah
Main Author: | Masliah |
---|---|
Other Authors: | 1. MUGIANTO |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Tugas Akhir (Diploma)--Universitas Negeri Malang. Program Studi D3 Manajemen Pemasaran
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=35580 |
Daftar Isi:
- Promosi merupakan satu komponen dalam bauran pemasaran yang mempunyai peranan penting bagi perusahaan. Dalam hal ini promosi merupakan sebagai media komunikasi antara perusahaan dan konsumennya. Selain itu promosi dapat digunakan sebagai alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian barang atau jasa sesuai dengan kebutuhan konsumen. Adapun lima metode promosi yaitu (1) Periklanan (advertising),(2) Promosi penjualan (sales promotion), (3) penjualan tatap muka (personal selling), (4) Pemasaran Langsung (direct marketing), (5) Hubungan masyarakat dan publisitas (public relation & publicity) . Tujuan dari penulisan laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada PT Asuransi Jiwasraya adalah untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui jenis-jenis promosi yang diterapkan untuk meningkatkan jumlah nasabahnya. (2) Untuk mengetahui jenis promosi yang dominan diantara jenis-jenis promosi yang diharapkan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Kota Branch Office untuk meningkatkan jumlah nasabahnya. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi oleh PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Kota Branch Office dalam melakukan kegiatan promosi.Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan praktek kerja di Jiwasraya adalah sebagai berikut (1) Jenis promosi yang diterapkan Jiwasraya meliputi periklanan. Dilakukan dengan cara mengadakan iklan dimedia cetak dan media luar ruangan seperti brosur, spanduk dan umbul-umbul, symbol dan logo. (2) Promosi penjualan (sales promotion, dilakukan dengan mengadakan pameran dan hadiah. (3) Penjualan pribadi (personal selling), dilakukan dengan penjualan tatap muka oleh agen. (4) Pemasaran langsung (direct marketing), dilakukan dengan menggunakan sistem on-line yang dapat di akses melalui internet dengan alamat situs www.jiwasraya.co.id. (5) Hubungan masyarakat dan publisitas (public relation & publicity), dilakukan dengan mengadakan seminar, kegiatan pelayanan masyarakat, magang. Dari kelima jenis promosi tersebut yang paling dominan untuk meningkatkan jumlah nasabahnya adalah jenis promosi melalui penjualan pribadi (personal selling) dengan penjualan tatap muka yang dilakukan oleh agen. Agar mendapatkan hasil yang optimal dalam meningkatkan jumlah nasabah Jiwasraya hendaknya tidak hanya mengandalkan penjualan pribadi tetapi juga menggunakan alat promosi yang lain seperti periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung dan lain-lain.