Upaya meningkatkan ketuntasan belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD / Nora Leily Purnamasari

Main Author: Nora Leily Purnamasari
Other Authors: 1. MOCH. ICHSAN ; 2. YOHANES HADI S.
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Skripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Ekonomi , 2009
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=32990
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil pengamatan dilokasi penelitian, metode pembelajaran yang sering dipakai pada mata pelajaran ekonomi masih bersifat teacher centered, akibatnya siswa menjadi pasif dan ketuntasan belajar siswapun relatif masih rendah. Siswa perlu diajarkan bagaimana cara untuk mendapatkan informasi sendiri, apakah itu dari guru, teman, bahan-bahan pelajaran, ataupun sumber-sumber lain. Oleh karena itu perlu diadakan inovasi dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk lebih meningkatkan kemandirian sekaligus meningkatkan ketuntasan belajar siswa, yaitu dengan pembelajaran kooperatif. salah satunya adalah tipe STAD. Pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang menonjolkan kerja sama siswa dalam kelompok. Dengan desain yang dibuat sedemikian rupa, pembelajaran kooperatif tipe STAD melatih siswa untuk saling bekerja sama, menghargai pendapat teman, bertanggung jawab terhadap penguasaan materi yang telah ditugaskan guru. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisis penerapan pembelajaran tipe STAD dalam mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 7 Malang, (2) Mendeskripsikan dan menganalisis ketuntasan belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 7 Malang setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 7 Malang, (3) Mendeskripsikan dan menganalisis respon siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 7 Malang terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe STADPTK ini dirancang untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, PTK dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap-tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Lokasi penelitian ini adalah di SMA Negeri 7 Malang Jl Cenggerayam no IV Malang. Waktu pelaksanaannya pada awal semester II tahun ajaran 2006/2007 yaitu pada bulan Februari-Maret dengan materi Ekonomi Moneter. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 7 Malang tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 42 siswa. Analisis data melalui kategori data dan interpretasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus II bila dibandingkan dengan siklus I. Ketuntasan belajar siswa pada siklus II juga mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan siklus I. Respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe STAD dirasa menyenangkan,dapat mempermudah memahami materi pelajaran ekonomi, siswa juga menjadi lebih berani untuk mengeluarkan pendapat, serta ketuntasan belajar mereka juga dapat meningkat,Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan saran-saran yaitu pembelajaran kooperatif tipe STAD perlu diterapkan pada materi selanjutnya karena telah terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa, dan para guru hendaknya mencoba untuk menerapkan pembelajaran kooperatif dengan tipe-tipe lain mengingat tipe STAD merupakan tipe pembelajaran kooperatif yang paling sederhana, hal tersebut dilakukan agar proses pembelajaran dapat lebih bervariasi dan menarik