Pengaruh penerapan cara belajar efektif dan tingkat intelegensi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonimi di SMA Negeri 2 Malang / Suwil Roidah
Main Author: | Suwil Roidah |
---|---|
Other Authors: | 1. SUGENG HADI UTOMO ; 2. MARDONO |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Skripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Program Studi Ekonomi Koperasi
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=32906 |
Daftar Isi:
- Cara belajar efektif adalah cara yang dilakukan siswa dalam belajar untuk meningkatkan kemampuan yang diharapkan. Belajar adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan dalam proses penguasaan ilmu. Namun, sebelum dan dalam proses belajar ada beberapa tindakan yang harus dilakukan untuk membantu mengefektifkan belajar. Cara belajar efektif tersebut merupakan faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan prestasi belajar siswa, termasuk juga tingkat intelegensi. Masalah yang dikaji dalam penelitian yaitu: (1) Bagaimana penerapan cara belajar efektif, (2) Bagaimana prestasi belajar siswa, (3) Bagaimana tingkat intelegensi siswa, (4) Bagaimana pengaruh penerapan cara belajar efektif dan tingkat intelegensi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. (5) Variabel mana yang paling dominan mempengaruhi prestasi belajar.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kondisi penerapan cara belajar efektif, tingkat intelegensi, prestasi belajar, pengaruh penerapan cara belajar efektif dan tingkat intelegensi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.Populasi dari penelitian adalah selurh siswa kelas X SMA Negeri 2 Malang yang berjumlah 320 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan proporsional random sampling dan menghasilkan 80 responden. Sedang untuk pengambilan data menggunakan angket. Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskripif dan korelasi produk moment dengan menggunakan bantuan SPSS 13,0 for windows.Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Tingkat penerapan cara belajar efektif siswa SMA Negeri 2 Malang berada pada kategori cukup baik . (2) Tingkat intelegensi siswa SMA Negeri 2 Malang berada pada kategori rata-rata (3) Prestasi belajar siswa SMA Negeri 2 Malang berada dalam kategori baik . (4) Pengaruh penerapan cara belajar efektif dalam tingkat intelegensi secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.(5)Faktor yang paling dominan mempengaruhi prestasi belajar yaitu penerapan cara belajar efektif.Saran yang diberikan yaitu memberikan motivasi atau dorongan untuk lebih giat belajar dan mengasah kemampuan yang dimiliki sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar, sehingga diharapkan tujuan belajar yang optimal dapat terwujud.