Penelitian tentang pola perilaku supervisi kepala sekolah yang dialami oleh guru sekolah dasar negeri di Kotamadya Ambon / oleh Sophia Sahusilawane-Simatauw

Main Author: Sahusilawane-Simatauw, Sophia
Other Authors: 1. MATAHERU, FRANS, 2. SALLADIEN
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: IKIP MALANG, JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN , 2009
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=1841
Daftar Isi:
  • Supervisi. yang dilakukan di sekolah dasar, bukan saja menyangkut penggunaan metode dan teknik s u p e r v i s i ,melainkan juga pilihan pola perilaku supervisi yang t e p a t .Berbagai perilaku supervisi dapat digolongkan ke dalam pola d i r e k t i f , k o l a b o r a t i f , atau ondirektif Gl ickman, 1981; 1985 ) .Penelitian ini merupakan penelitian d e s k r i p t i f dan bertujuan untuk mengungkapkan frekuensi penggunaan dan keefektifan pola perilaku supervisi, perbedaan pola p e r i l a k usupervisi kepala SD pria dan kepala SD wanita, reaksi guru wanita dan atau. pria terhadap pola perilaku supervisi kepala SD wanita dan kepala SD pria, pola perilaku supervisi dI SD pada tiap kecamatan dan pada SD yang b e r k u a l i f i k a s I " b a i k t ' r "cukup", dan "sedang".Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SD Negeri d i Kotamadya Arnbon dengan sarnpe I terd i ri dari ZOA orang guru yang diambil dari 40 sekolah, meliputi guru p r i a dan wanita. Data diperoleh dengan menggunakan angket yang kemudian dianalisis secara d e s k r i p t i f seguai dengan s i f a tpenelitian i n i .