<p>Pengembangan bahan ajar kimia unsur berbasis process oriented guided inquiry learning (pogil) berorientasi keterampilan berpikir kritis / Murniati Lawah</p>

Main Author: Lawah, Murniati
Other Authors: 1. Dr. Muntholib, S.pd, M.si
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Kimia , 2022
Subjects:
Online Access: http://mulok.lib.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=115540
Daftar Isi:
  • <p>Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar kimia unsur berbasis POGIL dengan learning outcome keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menerpakan model 4D yang mencakup 4 tahap pengembangan yaitu define (mendefinisikan) design (merancang) develop (mengembangkan) dan disseminate (mendiseminasikan). Saat ini penelitian yang dilakukan sampai di tahap mengembangkan. Validasi ahli melibatkan 3 guru kimia SMA sedangkan uji keterbacaan melibatkan 10 siswa kelas XII MIPA yang telah mendapatkan materi pelajaran Kimia Unsur. Berdasarkan hasil penilaian angket oleh validator diperoleh rata-rata angka persentase 84 89% dengan katergori sangat layak. Hasil penilaian angket uji keterbacaan oleh peserta didik menunjukkan rata-rata angka persentase 88 80% dengan katergori sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar hasil pengembangan ini layak dilanjutkan ke uji lapangan. nbsp</p>