<p>Pengembangan bahan ajar kimia unsur berbasis process oriented guided inquiry learning (pogil) berorientasi keterampilan berpikir kritis / Murniati Lawah</p>
Main Author: | Lawah, Murniati |
---|---|
Other Authors: | 1. Dr. Muntholib, S.pd, M.si |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Kimia
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.lib.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=115540 |
Daftar Isi:
- <p>Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar kimia unsur berbasis POGIL dengan learning outcome keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menerpakan model 4D yang mencakup 4 tahap pengembangan yaitu define (mendefinisikan) design (merancang) develop (mengembangkan) dan disseminate (mendiseminasikan). Saat ini penelitian yang dilakukan sampai di tahap mengembangkan. Validasi ahli melibatkan 3 guru kimia SMA sedangkan uji keterbacaan melibatkan 10 siswa kelas XII MIPA yang telah mendapatkan materi pelajaran Kimia Unsur. Berdasarkan hasil penilaian angket oleh validator diperoleh rata-rata angka persentase 84 89% dengan katergori sangat layak. Hasil penilaian angket uji keterbacaan oleh peserta didik menunjukkan rata-rata angka persentase 88 80% dengan katergori sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar hasil pengembangan ini layak dilanjutkan ke uji lapangan. nbsp</p>