<p>Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi loomie untuk meningkatkan hasil belajar materi sistem air conditioning pada siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Kepanjen / Imam Syaifudin Romadhani</p>

Main Author: Romadhani, Imam Syaifudin
Other Authors: 1. Dr. Syarif Suhartadi, M.pd ; 2. M. Ihwanudin, S.pd, M.pd
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif , 2022
Subjects:
Online Access: http://mulok.lib.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=114920
Daftar Isi:
  • <p>Ramadani Imam Syaifudin.2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis nbsp nbsp Aplikasi Loomie Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Air Conditioning Pada Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Kepanjen.Skripsi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri nbsp nbsp nbsp nbsp Malang.Pembimbing nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp (I) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. (II) M. Ihwanudin S.Pd. M.Pd. nbsp Kata Kunci Video Aplikasi Loomie Materi Sistem AC Hasil Belajar nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp Pemanfaatan media pembelajaran khususnya video berbasis aplikasi Loomie dalam proses pembelajaran sangatlah penting karena dengan penggunaan media pembelajaran akan meningkatkan kualitas penyampaian informasi secara lebih baik dari pendidik kepada peserta didik. Hal ini dapat dijadikan solusi alternatif untuk mendorong peserta didik di SMK Negeri 1 Kepanjen meraih hasil belajar secara efisien dan efektif. Bagi peserta didik kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan materi ini menjadi sangat penting karena berhubungan dengan pelaksanaan praktik kerja industri (PRAKERIN) dan peluang yang besar didunia usaha dan industri DU/DI. Maka dari itu diperlukan persiapan matang dalam menguasai kompetensi perawatan sistem Air Conditioning (AC). Dengan beberapa hambatan yang ditemukan dalam studi kepustakaan dan empiris adanya media ini potensial untuk memecahkan permasalahan yang ada. nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media belajar mandiri dengan fleksibilitas akses menggunakan video berbasis aplikasi Loomie dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran serta tanggapan peserta didik yang diharapkan dapat menjadi salah satu sumber belajar dan bekal bagi peserta didik untuk memperdalam materi nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode ADDIE. Dengan langkah-langkah pengembangan sebagai berikut (1) Analisis (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi (5) Evaluasi. Dimana pengumpulan data menggunakan teknik penyebaran angket dan memperoleh data secara kuantitatif. nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp Pada penelitian pengembangan ini telah dihasilkan sebuah media pembelajaran berupa video berbasis aplikasi Loomie dan memperoleh hasil validasi sebesar 87 50% untuk ahli materi 93 75% untuk ahli media dan ditelaah dari hasil uji kelompok kecil mendapatkan hasil 95 14% dari kriteria media pembelajaran. Media yang dikembangkan bisa dikatakan berhasil apabila persentase minimal 61% sehingga media pembelajaran berupa video berbasis aplikasi Loomie perawatan sistem AC yang dikembangkan termasuk dalam kriteria layak dan dapat digunakan untuk media pembelajaran peserta didik.</p>