Pengaruh model problem based learning dan discovery learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi / Ardia Puti Paramitha

Main Author: Paramitha, Ardia Puti Paramitha
Other Authors: 1. Ni'matul Istiqomah, M.pd
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Ekonomi , 2022
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=114287
Daftar Isi:
  • Hasil belajar adalah cara melihat kemampuan peserta didik selama menangkap pembelajaran ketika mendapatkan hasil belajar yang rendah maka tujuan pembelajaran tersebut kurang tersalurkan. Hal tersebut dapat diatasi dengan penggunaan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar 2) Pengaruh model nbsp Discovery Learning terhadap hasil belajar 3) Pengaruh perbedaan antara model Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini menggunakan desian quasi eksperimen. Populasi data didalam penelitian ini ialah peserta didik IPS kelas XI di SMAN 1 Dander Kabupaten Bojonegoro untuk tahun ajaran 2021-2022. Dengan mengambil sampel teknik yaitu purposive sampling. Penelitian ini dilakukan tahun 2022 pada bulan april hingga mei. Instrumen didalam penelitian ini ialah test hasil belajar berupa pilihan ganda. Analisis data dengan menggunakan uji normalitas uji wilcoxon signed rank uji homogenitas uji Mann Whiteney U dan Uji N-Gain. Hasil dalam penelitian ini menyimpukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara penggunaan PBL (Problem based learning) dan penggunaan Discovery learning. Hasil belajar dengan penggunaan PBL (Problem based learning) lebih tinggi apabila dibandingkan dengan penggunaan Discovery learning.