Pengembangan e-modul bahasa mandarin perkenalan diri sebagai media belajar mandiri untuk siswa kelas x ibb sma laboratorium um / Shofiya Natasya Yasmin

Main Author: , Shofiya Natasya Yasmin
Other Authors: 1. Dr. Dewi Kartika Ardiyani, S.pd, M.pd; Octi Rjeky Mardasari, B.a., Mtcsol
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin , 2022
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=113844
Daftar Isi:
  • Penelitian dan pengembangan ini memiliki tujuan untuk mengembangkan sebuah e-modul pembelajaran Bahasa Mandarin. E-modul yang dikembangkan disesuaikan dengan silabus Bahasa Mandarin untuk kelas X SMA KD 3.1 3.2 3.3 dan menggunakan tema umum perkenalan diri. E-modul Perkenalan Diri diharapkan dapat membantu siswa kelas X SMA untuk belajar secara mandiri. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dimana proses pengembangannya terdapat lima tahap yaitu tahap analisis tahap desain tahap pengembangan tahap implementasi dan tahap evaluasi. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif yang didukung oleh kuantitaf. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah catatan harian dan angket untuk validator dan siswa. E-modul yang dikembangkan telah melewati proses validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media serta telah melewati proses uji coba dengan subjek siswa kelas X SMA Laboratorium UM. Berdasarkan hasil angket validasi materi angket validasi media dan angket siswa e-modul mendapatkan kategori layak untuk digunakan sebagai bahan ajar mandiri.