Pengembangan desain front lower control arm suzuki carry menggunakan optimasi topologi / Cahya Alam Darmatria
Main Author: | Darmatria, Cahya Alam Darmatria |
---|---|
Other Authors: | 1. Suprayitno, S.t., M.t., Ph.d |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Teknik Mesin
, 2022
|
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=113345 |
Daftar Isi:
- Peningkatan jumah kendaraan bermotor secara tidak langsung menyebabkan peningkatan emisi nbsp yang menjadi penyebab terjadinya pemanasan global. Efisiensi dalam penggunaan bahan bakar fosil sangat penting dilakukan guna mengurangi emisi khususnya pada kendaraan bermotor. Pengurangan bobot kendaraan mengakibatkan konsumsi bahan bakar yang lebih sedikit dan penurunan emisi . Penurunan bobot kendaraan telah menjadi perhatian utama dalam industri otomotif. Tantangan bagi industri otomotif adalah memproduksi komponen dengan bobot yang ringan namun pada saat yang sama tetap menjaga kualitas dan kinerja komponen. Salah satu komponen terpenting dalam kendaraan adalah sistem suspensi yang secara langsung mempengaruhi tingkat keselamatan performa dan tingkat kebisingan. Pada penelitian ini komponen yang difokuskan untuk penurunan bobot adalah Front Lower Control Arm (FLCA) pada Suzuki Carry. Data Penjualan pada Indonesian Automobile Industry Data (2021) penjualan kendaraan roda empat terbanyak pada periode Januari s/d Juli 2021 adalah Suzuki Carry dengan total penjualan sebanyak 27.939 unit sehingga peneliti menjadikan Suzuki Carry sebagai obyek penelitian. Pada penelitian ini optimasi topologi digunakan sebagai metode untuk mengurangi bobot komponen FLCA. Optimasi topologi digunakan untuk mendapatkan struktur terbaik dengan mempertimbangkan variabel yang diperlukan. Hasil optimasi topologi menjadi acuan munculnya variabel pada penelitian ini varibael yang digunakan ada 4 yaitu H1 H2 L1 dan L2. Kemudian dilakukan optimasi parametrik dengan ANSYS dan juga membuat persamaan matematis secara manual. Nilai massa desain FLCA setelah dilakukan optimasi menjadi 4 075 atau mengalami penurunan massa senilai 0 779 kg (16 04%). Terjadinya penurunan massa FLCA menyebabkan penurunan kekuatan struktur FLCA yaitu meningkatnya nilai tegangan von mises menjadi 391 62 MPa dan menurunnya nilai faktor keamanan menjadi 1 20. Penurunan kekuatan struktur FLCA masih memenuhi nilai constraint function yang telah ditentukan yaitu tegangan von mises nbsp 470 00 MPa dan nilai faktor keamanan nbsp 1 20.