Desain pembelajaran berbasis proyek melalui e-learning pada materi desain user interface media interaktif smk kelas xii / Alif Rizky Satria Pratama
Main Author: | Pratama, Alif Rizky Satria Pratama |
---|---|
Other Authors: | 1. Prof. Dr. H. Punaji Setyosari, M.pd, M.ed.; Saida Ulfa, S.t., M.edu., Ph.d |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Teknologi Pendidikan
, 2022
|
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=112078 |
Daftar Isi:
- RINGKASAN Pratama Alif Rizky Satria. 2022. Desain Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui E-Learning Pada Materi Desain User Interface Media Interaktif SMK Kelas XII. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed (II) Saida Ulfa S.T. M.Ed. Ph.D Kata kunci Pembelajaran Berbasis Proyek E-Learning Desain User Interface nbsp Pembelajaran tatap muka terbatas pada sekolah menengah kejuruan menjadi tantangan tersendiri bagi guru dalam menyampaikan materi keterampilan di karenakan materi terkait keterampilan umumnya dikerjakan di sekolah secara langsung atau nyata sedangkan saat ini menjadi sangat terbatas. Pada saat penyampaian materi pembelajaran guru di tuntut untuk mampu meningkatkan keahlian keterampilan siswa dan juga keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Salah satu jenis pembelajaran yang mampu meningkatkan keahlian dan keterampilan di SMK adalah pembelajaran berbasis proyek melalui E-learning dimana inti dari pembelajaran tersebut adalah pengalaman belajar secara nyata dibantu dengan teknologi web pembelajaran. Berkaitan dengan itu diperlukan pengembangan pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan siswa berupa kemampuan dalam nbsp nbsp merancang dan membangun desain user interface pada media interaktif. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan produk model pembelajaran berbasis proyek melalui e-learning dengan yang layak di gunakan dalam sub ndash pembahasan ldquo Desain user interface pada media interaktif rdquo sebagai model pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan siswa serta siswa ikut terlibat secara langsung dalam pengalaman belajar secara nyata. Penelitian ini menggunakan model pengembangan multimedia menurut Lee amp Owens. Hasil validasi ahli media memperoleh nilai rata ndash rata 96 6% ahli materi sebesar 93 3% ahli desain pembelajaran 100% dan ujicoba produk kepada siswa memperoleh 95 2%. Dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa produk pembelajaran ini layak untuk di gunakan.